UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN PETANI BERBASIS ANALISIS BIAYA DIFERENSIAL DAN TINGKAT EFISIENSI PENGOLAHAN LEBIH LANJUT DENGAN STRATEGI BENCH MARKING (STUDI PADA PETANI APEL DI AGROPOLITAN BATU)

Widiastuti, Ardina (2006) UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN PETANI BERBASIS ANALISIS BIAYA DIFERENSIAL DAN TINGKAT EFISIENSI PENGOLAHAN LEBIH LANJUT DENGAN STRATEGI BENCH MARKING (STUDI PADA PETANI APEL DI AGROPOLITAN BATU). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
UPAYA_PENINGKATAN_PENDAPATAN_PETANIBERBASIS_ANALISIS_BIAYA_DIFERENSIAL_DAN_TINGKAT_EFISIENSIPENGOLAHAN_LEBIH_LANJUT_DENGAN_STRATEGI_BENCHMARKING.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada Usaha Kecil Menengah (UKM) di Batu dengan judul “Upaya Peningkatan Pendapatan Petani Berbasis Analisis Biaya Diferensial dan Tingkat Efisiensi Pengolahan Lebih Lanjut dengan Strategi Benchmarking (Studi Kasus Pada Petani Di Agropolitan Batu)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pendapatan petani apel melalui pemilihan diantara berbagai alternatif pengolahan apel yang paling menguntungkan. Pada penelitian ini penulis melakukan pengolahan data dengan cara menganalisis data dalam menentukan pemilihan produk yang lebih menguntungkan dijual secara langsung atau diproses lebih lanjut. Pada penelitian ini penulis menggunakan teknik wawancara dan observasi yang digunakan pada pengumpulan data. Pada penelitian ini penulis meneliti ”Bagaimana cara meningkatkan pendapatan petani apel berdasarkan pemilihan diantara berbagai alternatif pengolahan apel yang menguntungkan dan manakah diantara ketiga UKM yang dijadikan benchmarking berdasarkan tingkat efisiensi”. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa alternatif pemrosesan lebih lanjut buah apel menjadi jenang apel dan keripik apel lebih menguntungkan daripada menjual apel secara langsung. Walaupun harus mengeluarkan biaya tambahan untuk memproses lebih lanjut buah apel. Pengolahan jenang apel dan keripik apel dapat dipilih oleh petani sebagai alternatif pengolahan apel yang menguntungkan dan dapat dijadikan sebagai usaha sampingan keluarga, sehingga dapat membantu perekonomian keluarga. Pengolahan jenang apel yang menjadi benchmarking adalah UKM Bagus Agriseta Mandiri dan pengolahan keripik apel yang menjadi benchmarking adalah UD Ramli Sejahtera. Hal ini dapat dilihat dari keuntungan yang didapat oleh UKM yang menjadi benchmarking lebih besar daripada UKM pesaingnya. Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat memberikan saran bahwa Sebaiknya petani menggunakan analisis biaya diferensial dalam pengambilan keputusan untuk menjual apel secara langsung atau memproses lebih lanjut. Sebaiknya apel yang berkualitas rendah dilakukan pengolahan lebih lanjut. Sebaiknya untuk pengolahan jenang apel, UKM Brosem melihat tingkat efisiensi pengolahan lebih lanjut dan kinerja yang dilakukan oleh UKM Bagus Agriseta Mandiri. Sedangkan untuk pengolahan keripik apel, UKM Bagus Agriseta Mandiri melihat tingkat efisiensi pengolahan lebih lanjut dan kinerja yang dilakukan oleh UD Ramli Sejahtera.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 06 Jul 2012 03:05
Last Modified: 06 Jul 2012 03:05
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11220

Actions (login required)

View Item View Item