PENJADWALAN PRODUKSI BAJA SIKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE CAMPBELL - DUDEK AND SMITH (CDS) UNTUK MEMINIMASI MAKESPAN (Studi kasus di PT. Bukit Bajabuana - Bekasi)

HADIANTO, LUTFI (2006) PENJADWALAN PRODUKSI BAJA SIKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE CAMPBELL - DUDEK AND SMITH (CDS) UNTUK MEMINIMASI MAKESPAN (Studi kasus di PT. Bukit Bajabuana - Bekasi). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENJADWALAN_PRODUKSI_BAJA_SIKU_DENGANMENGGUNAKAN_METODE_CAMPBELL.pdf

Download (75kB) | Preview

Abstract

PT. Bukit Bajabuana – Bekasi adalah sebuah industri yang bergerak dalam bidang manufaktur dengan hasil produksi berupa baja siku dengan berbagai macam ukuran. Dalam melakukan kegiatan produksi perusahaan mengalami kesulitan dalam menentukan prioritas job yang akan diproses terlebih dahulu agar waktu penyelesaian job sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Dalam penelitian Tugas Akhir ini digunakan suatu metode penjadwalan produksi untuk meminimasi makespan (total waktu proses yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kumpulan job) yaitu metode Campbell-Dudek and Smith. Dan untuk penyelesaian awalnya menggunakan Algoritma Johnson yang dipakai untuk memperoleh urutan pengerjaan job. Hasil dari penjadwalan dengan metode Campbell-Dudek and Smith dibandingkan dengan penjadwalan yang dilakukan oleh PT. Bukit Bajabuana. Dari hasil pengolahan didapatkan bahwa metode Campbell-Dudek and Smith lebih baik karena dapat menghemat prosentase makespan, biaya tenaga kerja dan biaya operasional mesin sebagai berikut : • Bulan Mei Makespan : 4.322% • Bulan Juni Makespan : 4.651% • Bulan Juli Makespan : 4.322% Berdasarkan makespan maka diperoleh efisiensi Biaya Tenaga Kerja sebesar 5.62% dan efisiensi Biaya Operasional Mesin sebesar 5.61%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 06 Jul 2012 02:55
Last Modified: 06 Jul 2012 02:55
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11217

Actions (login required)

View Item View Item