PEMBERIAN JENIS PAKAN YANG BERBEDA TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN SESAAT (SGR) DAN RASIO KONVERSI PAKAN (FCR) LOBSTER AIR TAWAR (Cherax quadricarinatu

HADI SAPUTRO, HANTONO (2006) PEMBERIAN JENIS PAKAN YANG BERBEDA TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN SESAAT (SGR) DAN RASIO KONVERSI PAKAN (FCR) LOBSTER AIR TAWAR (Cherax quadricarinatu. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PEMBERIAN_JENIS_PAKAN_YANG_BERBEDA_TERHADAP_LAJUPERTUMBUHAN_SESAA1.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Indoor Perikanan Universitas Muhammadiah Malang, pada bulan November 2005 – Januari 2006. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian jenis pakan yang berbeda terhadap laju pertumbuhan sesaat (SGR) dan rasio konversi pakan (FCR) Lobster Air Tawar (Cherax quadricarinatus) dan untuk mendapatkan jenis pakan yang terbaik pada pertumbuhan juvenil Lobster Air Tawar (Cherax quadricarinatus) Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 kali ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah : Perlakuan I pemberian pelet udang windu. Perlakuan II pemberian pelet lele. Perlakuan III pemberian (pelet hasil formulasi). Perlakuan IV pakan kombinasi (pelet udang windu dan pelet lele). Perlakuan V pemberian pakan kombinasi (pelet udang windu dan pelet hasil formulasi). Perlakuan VI pemberian pakan kombinasi (pelet lele dan pelet hasil formulasi) Parameter yang diamati adalah laju pertumbuhan sesaat (SGR) dan rasio konversi pakan (FCR). Sedangkan parameter penunjang adalah survival rate (SR) dan kualitas air yang meliputi : pengukuran suhu, DO, pH dan amonia. Data dianalisa dengan ANAVA dan apabila berbeda nyata atau sangat berbeda nyata maka dilanjutkan dengan uji beda nyata terkecil (BNT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian jenis pakan yang berbeda tidak berpengaruh terhadap laju pertumbuhan sesaat (SGR) dan rasio konversi pakan (FCR). Hasil laju pertumbuhan sesaat (SGR) tertinggi sebesar 0,07% BW/Minggu dalam waktu 42 hari diperoleh pada perlakuan VI dengan menggunakan pakan kombinasi (pelet lele dengan pelet hasil formulasi) dan rasio konversi pakan (FCR) yang terbaik sebesar 0,49. Dalam penelitian ini digunakan pakan hasil formulasi sebagai terobosan baru yang belum pernah dibuat sebelumnya, yaitu pakan yang dikhususkan untuk Lobster Air Tawar karena selama ini belum ada pakan komersial yang khusus untuk lobster, karena itu formulasi pakan buatan yang berbahan dasar tepung kedelai dan tepung jagung merupakan modifikasi pakan alami yang layak sebagai pakan lobster karena sama-sama memberikan pertumbuhan yang sama dengan pelet komersial yang lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Fishery
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 06 Jul 2012 02:51
Last Modified: 06 Jul 2012 02:51
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11215

Actions (login required)

View Item View Item