PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERCATAT DIBURSA EFEK JAKARTA (Studi Kasus Pada Perusahaan LQ-45 Yang listing Di BEJ)

Gahara, Aulia (2006) PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERCATAT DIBURSA EFEK JAKARTA (Studi Kasus Pada Perusahaan LQ-45 Yang listing Di BEJ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_KINERJA_KEUANGAN_TERHADAP_TINGKATPENGEMBALIAN_SAHAM_PADA_PERUSAHAAN_YANG_TERCATAT_DIBURSA_EFEK_JAKARTA.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasio leverage, dan rasio profitabilitas secara signifikan tehadap tingkat pengembalian saham dengan menggunakan analisis regresi linier berganda pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta yang termasuk dalam LQ-45. Dalam penelitian ini penulis mengadakan analisis terhadap laporan keuangan yang diperoleh dari pojok Bursa Efek Jakarta Universitas Muhammadiyah Malang. Data-data yang digunakan diperoleh dengan mengambil dan mengumpulkan dokumen dari perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Dokumen yang dikumpulkan berupa data laporan keuangan tahun 2001– 2004. Laporan keuangan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis Regresi Sederhana. Hasil perhitungan dengan menggunakan Analisis Korelasi diperoleh informasi berdasarkan pada hasil dari analisa koprelasi variabel Total Assets Turn Over (X2) terhadap pengembalian saham (Y) memiliki korelasi negatif. Koefisien Dari hasil analisis Regresi Berganda diperoleh Koefisien Determinasi R2 sebesar 0.115. Dari besaran R2 tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel variabel Rasio Lancar, Perputaran total aktiva, Rasio Hutang dan Return on Equity mampu menjelaskan keragaman dari dependent variabel tingkat pengembalian saham yaitu sebesar 11 %. Sedangkan sisanya sebesar 89 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam model persamaan. Dengan menngunakan uji F, variabel-variabel Rasio Lancar, Perputaran total aktiva, Rasio Hutang dan Return on Equity secara simultan mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap tingkat pengembalian saham pada perusahaan perusahaan yang termasuk dalam kategori LQ 45. Sedangkan dengan menggunakan uji t Berdasarkan uji secara parsial (uji t) hanya variabel Total Assets Turn Over yang berpengaruh secara signifikan terhadap return saham, sedangkan variabel Rasio Lancar, Rasio Hutang dan return on Equity tidak berpengaruh secara signifikan terhadap return saham. Berdasarkan kesimpulan di atas, maka saran yang dapat diberikan kepada perusahaan tersebut adalah : Emiten sebaiknya mempertimbangkan penggunaan hutang untuk memenuhi kebutuhan finansialnya demi menghindari biaya bunga yang tinggi. Sebab dengan menghindari hutang tersebut akan dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam memperoleh keuntungan yang tentunya lebih jauh akan mempengaruhi pendapatan per lembar saham dan Bagi investor atau calon investor jika akan melakukan investasi di bursa efek Jakarta sebaiknya selain mempertimbangkan aspek-aspek fundamental keuangan perusahaan, juga memperhatikan aspek ekternal dimana aspek ini juga berperan dalam memicu return saham.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 06 Jul 2012 02:33
Last Modified: 06 Jul 2012 02:33
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11206

Actions (login required)

View Item View Item