Pembelajaran Aljabar dengan Menggunakan Alat Peraga Algebraic Experience Material (AEM) di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang

Widodo, Kuncung (2006) Pembelajaran Aljabar dengan Menggunakan Alat Peraga Algebraic Experience Material (AEM) di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Pembelajaran_Aljabar_dengan_Menggunakan_Alat_Peraga_Algebraic_Experience_Material.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian berjudul ”Pembelajaran Aljabar dengan Menggunakan Alat Peraga Algebraic Experience Material (AEM) di kelas VIII SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang” ini bertujuan untuk mengetahui: 1) proses pembelajaran aljabar dengan menggunakan alat peraga AEM, 2) respon siswa terhadap proses pembelajaran, 3) prestasi siswa setelah pembelajaran dilakukan dengan alat peraga AEM. Proses pembelajaran dilakukan dengan metode LKS dalam bentuk kelompok. Materi yang dibahas adalah materi aljabar sub pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan suku sejenis, perkalian dua suku dua, dan faktorisasi suku tiga Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif, yaitu menguraikan proses kegiatan pembelajaran aljabar dengan menggunakan alat peraga AEM mulai dari awal sampai akhir kegiatan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang. Keefektifan kegiatan pembelajaran ini dapat ditinjau dari: 1) aktivitas guru dan aktivitas siswa, 2) tes hasil belajar, 3) angket respon siswa terhadap proses pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah 1) lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, 2) soal tes, 3) angket respon siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa nilai rata-rata aktivitas guru dan aktivitas siswa adalah lebih dari tiga (efektif). Angket respon siswa menunjukan bahwa lebih dari 85 % siswa menyatakan sangat setuju dan setuju, sehingga dapat dikatakan respon siswa adalah positif (efektif). Hasil tes yang dilakukan menunjukan secara klasikal lebih dari 75 % siswa sudah tuntas belajar (efektif). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga Algebraic Experience Material (AEM) untuk sub pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan suku sejenis, perkalian dua suku dua, dan faktorisasi suku tiga di kelas VIII SMPM 06 Dau Malang adalah efektif, karena sudah mencapai kriteria efektifitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 05 Jul 2012 07:59
Last Modified: 05 Jul 2012 07:59
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11197

Actions (login required)

View Item View Item