IMPLEMENTASI UU No. 8 TAHUN 1995 TENTANG PASAR MODAL MENGENAI PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PARA PEMEGANG SAHAM (Studi di Bursa Efek Jakarta Pusat Informasi Pasar Modal Cabang Malang)

Widodo, Prayogi (2006) IMPLEMENTASI UU No. 8 TAHUN 1995 TENTANG PASAR MODAL MENGENAI PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PARA PEMEGANG SAHAM (Studi di Bursa Efek Jakarta Pusat Informasi Pasar Modal Cabang Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI UU No. 8 TAHUN 1995 TENTANG PASAR MODAL.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengenai mengambil objek studi mengenai implemantasi Undang-Undang No. 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal mengenai perlindungan hukum yang diberikan kepada para pemegang saham. Dimana perlindungan hukum bagi para pemegang saham sangat diperlukan terkait dengan kepercayaan, pandangan, keamanan dan perlindungan para calon investor di pasar modal jika menginvestasikan dananya didalam pasar modal khususnya saham. Dari berbagai literatur maupun penelitian sebelumnya yang pernah dilakukan terlihat bahwa masih seringnya terjadi pelanggaran terhadap Undang-Undang Pasar Modal ini yang dilakukan untuk mencari keuntungan sepihak sehingga merugikan pihak yang lainnya khususnya pihak pemegang saham dan investor. Sebenarnya tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah implementasi Undang-Undang No. 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal mengenai perlindungan hukum bagi para pemegang saham serta kendala apa yang dihadapi dalam memberikan perlindungan hukum bagi pemegang saham dan bagaimana upaya mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis sosiologis. Sehingga dari data yang diperoleh untuk dianalisa menggambarkan masih seringnya terjadi pelanggaran di pasar modal lalu bagaimana upaya perlindungan hukum bagi pemegang saham yang dilakukan oleh bapepam dan bursa efek tersebut dari para pelaku pelanggaran di pasar modal. Dari penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, maka penulis mendapatkan hasil bahwa pelanggaran masih banyak terjadi di lingkungan pasar modal. Ada berbagai pelanggaran yang sering dilakukan oleh para pelaku pasar modal yang tidak bertanggung jawab seperti manipulasi terhadap laporan keuangan yang diatur dalam pasal 68 dan pasal 69 serta manipulasi terhadap harga saham tertentu yang diatur dalam pasal 91 dan pasal 92 serta peraturan-peraturan yang dikeluarkan oleh Bapepam. Para pelaku pelanggaran tersebut mendapatkan sanksi yang relatif lebih ringan dari sanksi yang telah dicantumkan pada Undang-Undang Pasar Modal bagi para pelaku pelanggaran di lingkungan pasar modal. Adapun beberapa kendala yang menyebabkan proses perlindungan hukum bagi pemegang saham tidak bisa berjalan dengan baik disebabkan oleh beberapa faktor misalnya kurang jelasnya pengaturan mengenai unsur-unsur pelanggaran dalam UndangUndang Pasar Modal lalu kurangnya pengawasan yang dilakukan oleh bursa efek dan Bapepam serta terbatasnya kewenangan Bapepam. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa implementasi Undang-Undang Pasar Modal dalam memberikan perlindungan bagi pemegang saham atau investor masih belum bisa dijalankan sesuai dengan apa yang diinginkan seiring dengan masih seringnya terjadi pelanggaran yang terjadi di pasar modal serta masih adanya beberapa kendala yang harusnya bisa diatasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 05 Jul 2012 07:56
Last Modified: 05 Jul 2012 07:56
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11196

Actions (login required)

View Item View Item