PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN TATO (TOTAL ASSETS TURN OVER) TERHADAP RETURN ON INVESTMEN (ROI) PADA PERUSAHAAN ROKOK YANG GO PUBLIK DI BEJ

Fauzi, Alfan (2006) PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN TATO (TOTAL ASSETS TURN OVER) TERHADAP RETURN ON INVESTMEN (ROI) PADA PERUSAHAAN ROKOK YANG GO PUBLIK DI BEJ. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_STRUKTUR_MODAL_DAN_TATO.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Dalam teori managemen keuangan salah satu cara untuk mengukur kinerja keuangan adalah dengan menggunakan analisa profitabilitas, yaitu ROI. ROI dipandang sebagai alat ukur untuk mengukur efisiensi perusahaan dalam mengalokasikan dan memanfaatkan sumber dana yang dimilikinya. Kegiatan perusahaan dalam rangka untuk mencapai profitabilitas banyak dipengaruhi oleh banyak faktor, baik dari dalam maupun dari luar perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut, terutama dalam rangka dalam rangka untuk mencapai tujuan perusahaan baik jangka panjang maupun jangka pendek dipengaruhi oleh bagaimana manajer menetapkan keputusan investasi, keputusan pembiayaan dan keputusan deviden. Keputusan pembiayaan inilah yang menyangkut keputusan Struktur Modal karena menyangkuttentang penetapan proporsi atau perbandingan antara hutang dengan modal sendiri. Maka dari itu kesalahan dalam penentuan Struktur Modal akan berdampak pada profitabilitas perusahaan baik jangka panjang maupun jangka pendek . Selain itu faktor yang mempengaruhi profitabilitas adalah tingkat perputaran aktiva yaitu TATO (TOTAL ASSET TURN OVER) kenaikan dan penurunan TATO dapat mempengaruhi income perusahaan sehingga secara tidak langsung dapat mempengaruhi tingkat profitabilitas perusahaa. Berdasarkan kajian tersebut maka penulis mencoba mengaplikasikannya dalam skripsi yang bejudul” Pengaruh Struktur Modal dan TATO ( TOTAL ASSETS TURN OVER) terhadap Return on Investmen (ROI) pada perusahaan rokok yang go public. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Struktur Modal dan TATO mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap ROI. Dan untuk mengetahui variabel mana yang mempengaruhi paling dominan terhadap ROI pada perusahaan rokok yang go public. Dalam penelitian ini penulis menggunakan dua hipotesis yaitu bahwa Struktur Modal dan TATO mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap ROI. Dan Struktur Modal berpengaruh lebih dominant terhadap ROI dibandingkan TATO. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis multiple regresi sederhana dan uju hipotesisnya menggunakan uji f dan uji t. Dalam penelitian ini menggunakan bantuan program komputer dalam analisisnya yaitu SPSS. Dari hasil penelitian diperolehhasil bahwa Struktur Modal dan TATO tidak berpengaruh secara signifikan terhadap ROI. Hal ini karena nilai f hitung < f tabel (0,603<3,52) dan nilai t hitung untuk Struktur Modal (-0,76) < t tabel (1,729) sedangkan t hitung untuk TATO (1,097) < dari t tabel (1,729). Dari hasil diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Struktur Modal dan TATO tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap ROI. Dan dari kedua variabel tersebut tidak ada yang dominan mempengaruhi ROI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 05 Jul 2012 06:07
Last Modified: 05 Jul 2012 06:07
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11177

Actions (login required)

View Item View Item