ANALISIS PERBANDINGAN SIKLUS OPERASI DAN SIKLUS KAS PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI SEMEN (Studi di Bursa Efek Jakarta periode 2000-2004)

Fitriyanti, Mira (2006) ANALISIS PERBANDINGAN SIKLUS OPERASI DAN SIKLUS KAS PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI SEMEN (Studi di Bursa Efek Jakarta periode 2000-2004). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
e.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Analisis Perbandingan Siklus Operasi dan Siklus Kas Perusahaan Sektor Industri Semen (Studi di Bursa Efek Jakarta periode 2000-2004) “. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji secara empiris apakah ada perbedaan antara siklus operasi dan siklus kas pada PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, PT Semen Gresik Tbk dan PT Semen Cibinong Tbk, dan untuk mengetahui perusahaan manakah yang memberikan siklus operasi dan siklus kas lebih cepat. Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu terdapat perbedaan antara siklus operasi dan siklus kas pada PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, PT Semen Gresik Tbk, dan PT Semen Cibinong Tbk. Bahwa PT Semen Cibinong Tbk memiliki siklus operasi dan siklus kas lebih cepat. Teknik analisis data dengan metode pengujian chi-square, metode time series, metode cross section, dan metode peningkatan. Penelitian ini menghasilkan nilai 2Hitung siklus2Hitung siklus operasi = 14,59, sedangkan pada pada kas = 25,46, nilai perhitungan rata-rata siklus operasi dan siklus kas dari ketiga perusahaan diketahui bahwa siklus operasi yang paling cepat adalah siklus operasi PT. Semen Cibinong Tbk, dengan rata-rata siklus operasi selama 5 tahun sebesar 96,84. Siklus kas yang lebih cepat adalah PT. Semen Cibinong Tbk, dimana dalam kurun waktu 5 tahun ini PT. Semen Cibinong memiliki rata-rata siklus kas sebesar 65,856, nilai perhitungan time series diperoleh hasil PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk memiliki siklus operasi dan siklus kas lebih cepat di tahun 2002-2003 pada 40,44 hari dan 43,84 hari, nilai perhitungan cross section terlihat bahwa yang paling cepat adalah pada PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dengan PT Semen Cibinong Tbk sebesar 88,5 hari pada tahun 2001 dan siklus kas pada PT Semen Gresik Tbk dengan PT Semen Cibinong Tbk pada tahun 2001 senilai 100,86 hari dan metode peningkatan siklus operasi tercepat pada PT Semen Cibinong Tbk di tahun 2004 pada 2722 % dan siklus kas pada PT Semen Gresik Tbk dengan nilai sebesar 2843% di tahun 2004. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan siklus operasi dan siklus kas antara ketiga perusahaan PT. Semen Cibinong Tbk adalah perusahaan yang memiliki siklus operasi dan siklus kas lebih cepat. Berdasarkan kesimpulan, sebaiknya pihak manajemen perusahaan perlu memperhatikan hasil penelitian ini sebagai salah satu bahan masukan dalam menjalankan operasional perusahaan yang lebih baik karena dengan mengelola siklus operasi dan siklus kas secara efisien, manajer keuangan dapat mempertahankan investasi kas yang rendah dan memberikan kontribusi maksimum pada nilai saham.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 05 Jul 2012 04:33
Last Modified: 05 Jul 2012 04:33
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11138

Actions (login required)

View Item View Item