PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT HUNIAN KAMAR PADA HOTEL MONTANA SATU MALANG

Firmansyah Putra, Andy (2006) PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT HUNIAN KAMAR PADA HOTEL MONTANA SATU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_STRATEGI_PEMASARAN_UNTUK_MENINGKATKAN_TINGKAT_HUNIAN_KAMAR_PADA_HOTEL_MONTANA_SATU_MALANG.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada hotel Montana Satu Malang dengan mengambil judul “Penerapan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar Pada Hotel Montana Satu Malang” Tujuan dari penelitian adalah untuk menerapkan strategi pemasaran yang sebaiknya di gunakan agar dapat meningkatkan hunian kamar pada hotel Montana Satu Malang berdasarkan data-data internal dan eksternal perusahaan. Untuk menyelenggarakan strategi perusahaan ini perlu melihat lingkungan baik lingkungan internal maupun lingkungan eksternal. Analisa lingkungan internal itu terdiri dari product, price, place, promotion. Sedangkan lingkungan eksternal terdiri dari ekonomi, pemerintah, teknologi, demografi, persaingan. Dengan adanya analisa lingkungan internal maupun lingkungan eksternal maka akan bisa mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman lingkungan itu sendiri supaya strategi yang dilaksanakan dapat tercapai untuk mencapai tujuan. Strategi pemasaran yang dilaksanakan perusahaan otomatis akan mempengaruhi dan menarik konsumen yang sebelumnya belum pernah mengkonsumsi jasa penginapan ini. Harapan yang ingin dicapai oleh perusahaan adalah tingkat hunian kamar hotel dapat meningkat yang merupakan tujuan utama dari perusahaan. Alat analisa yang digunakan untuk menetapkan strategi yang sesuai bagi perusahaan yaitu SWOT yang terdiri dari IFE dan EFE; analisa ETOP; analisa SAP; setelah itu dapat dimasukan dalam SWOT Matrik untuk menentukan strategi yang dipilih. Hasil perhitungan untuk EFE matrik dihasilkan peluang sebesar 2,10 dan ancaman sebesar 0,60 sedangkan untuk IFE untuk kekuatan sebesar 2,90 dan kelemahan sebesar 0,30; untuk perhitungan IFE masuk ke dalam ETOP dan untuk EFE masuk ke dalam SAP. Dari hasil analisa SWOT: ETOP: SAP maka dapat bahwa peluang dan kekuatan yang dimiliki perusahaan lebih besar dari ancaman dan kelemahan sehingga perusahaan dapat menentukan strategi yang sesuai untuk menjual kamar pada konsumen dan mampu bersaing. Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya hotel Montana Satu Malang menggunakan strategi pengembangan pasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 05 Jul 2012 04:14
Last Modified: 05 Jul 2012 04:14
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11126

Actions (login required)

View Item View Item