PENERAPAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED GUNA MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN(Studi Pada Perusahaan Rokok yang Tercatat di BEJ)

Fauziyah, Fauziyah (2006) PENERAPAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED GUNA MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN(Studi Pada Perusahaan Rokok yang Tercatat di BEJ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
i.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus pada perusahaan rokok, dengan judul “ PENERAPAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED GUNA MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Rokok Yang Tercatat Di BEJ)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan rokok dan untuk mengetahui perusahaan yang mempunyai kinerja yang paling baik diantara dua perusahaan rokok, yaitu PT Gudang Garam Tbk dan PT HM Sampoerna Tbk selama periode 2003 sampai 2005, dengan menggunakan metode EVA. Dalam penelitian ini, penulis mengambil dua hipotesis, yaitu: kinerja keuangan perusahaan rokok selama periode 2003 sampai 2005 sehat dan memberikan nilai tambah ekonomis, dan diantara dua perusahaan tersebut, maka PT HM sampoerna Tbk mempunyai kinerja yang paling baik. Alat analsis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode EVA yang diperoleh dari laba operasi bersih setelah pajak dikurangi biaya modal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa kinerja keuangan perusahaan rokok yang tercatat di BEJ selama periode 2003 sampai 2005 sehat dan mampu memberikan nilai tambah ekonomis dan diantara dua perusahaan rokok tersebut, maka PT HM Sampoerna Tbk mempunyai kinerja yang paling baik. Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis dapat mengimplikasikan. Pertama, bagi perusahaan sector rokok, hasil perolehan nilai EVA tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi terhadap biaya modal yang digunakan perusahaan. Kedua, bagi investor yang hendak berinvestasi di perusahaan rokok, maka disarankan berinvestasi pada PT HM Sampoerna Tbk. Ketiga bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan bahan referensi dan pembanding untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 05 Jul 2012 03:15
Last Modified: 05 Jul 2012 03:15
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11079

Actions (login required)

View Item View Item