PENERAPAN PETA KONSEP TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS I SEMESTER I SLTPN 7 MALANG

Fatmawati, Anik (2006) PENERAPAN PETA KONSEP TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS I SEMESTER I SLTPN 7 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_PETA_KONSEP_TERHADAP_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_SISWA_KELAS_I_SEMESTER_I_SLTPN_7_MALANG.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya suatu penyampaian materi yang monoton dan tidak menarik, sehingga menimbulkan kejenuhan pada diri siswa yang mengakibatkan siswa kurang termotivasi untuk belajar. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang sering digunakan guru, yaitu metode ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi. Selain itu siswa sering bersikap pasif, mendengar dan mencatat saja. Untuk mengatasi hal tersebut maka dapat digunakan suatu model pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan (1) Bagaimana aktivitas siswa terhadap penggunaan peta konsep (2) Bagaimana ketuntasan belajar siswa terhadap pembelajaran peta konsep. Peneliti mengambil subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1G SLTP Negeri 7 Malang yang berjumlah 39 orang, yang terdiri dari 28 siswa perempuan dan 11 siswa laki – laki. Penelitian ini merupakan penelitian gabungan kualitatif dan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Dan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pengamatan aktivitas siswa selama diskusi dan hasil tes akhir siswa. Berdasarkan hasil analisis dapat diperoleh hasil aktivitas siswa selama diskusi peta konsep termasuk kategori baik. Hal ini ditunjukkan oleh aktivitas siswa dalam bertanya, mengemukakan pendapat dan menjawab atau menanggapi pertanyaan cukup tinggi dibandingkan siswa dalam mempertahankan pendapatnya. Dengan pembelajaran peta konsep siswa dapat dikatakan tuntas dalam belajarnya, hal ini dapat dilihat dari nilai tes akhir siswa yang menunjukkan > 60, dan prosentase ketuntasan belajarnya mencapai 74% yang termasuk tuntas dalam pembelajaran, yang sesuai dengan SKBM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 05 Jul 2012 02:50
Last Modified: 05 Jul 2012 02:50
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11060

Actions (login required)

View Item View Item