APLIKASI RASIO CAMEL DALAM MEMPREDIKSI FINANCIAL DISTRESS PADA BANK YANG GO – PUBLIK ( Study pada Bank Go Publik yang Listing di BEJ )

Fadilaturrahmah, Siti (2006) APLIKASI RASIO CAMEL DALAM MEMPREDIKSI FINANCIAL DISTRESS PADA BANK YANG GO – PUBLIK ( Study pada Bank Go Publik yang Listing di BEJ ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
APLIKASI_RASIO_CAMEL_DALAM_MEMPREDIKSI_FINANCIALDISTRESS_PADA_BANK_YANG_GO.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif (pencarian fakta dari suatu fenomena) pada bank swasta go-publik yang terdaftar dalam LQ – 45 dengan judul “Aplikasi Rasio CAMEL untuk Memprediksi Financial Distress pada Bank yang Go- Publik.”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek apa saja yang sedang mengalami financial distress pada bank yang go-publik selama lima tahun periode akuntansi (2000-2004). Alat analisis yang dipakai untuk memprediksi financial distress pada bank adalah analisis rasio CAMEL (Capital, Assets Quality, Management, Earning and Liquidity) yang diatur dalam SE BI No 30/2/UPPB/tanggal 30/4/1997 junto SE No 30/UPPB/tanggal 19/3/1998. Tetapi, pada aspek assets quality yang diukur melalui perhitungan KAP I dan KAP II diproksikan dengan RORA, sedangkan pengukuran aspek management yang semula melalui 100 pertanyaan tentang manajemen umum dan manajemen risiko diproksikan dengan NPM (Net Profit Margin). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aspek yang diprediksi akan mengalami financial distress adalah aspek capital pada Bank Niaga dan Bank PAN tahun 2007-2009, pada Bank Lippo pada tahun 2005-2007, aspek likuiditas yang diproksikan dengan rasio LDR pada Bank Niaga tahun 2008 & 2009, pada Bank Danamon pada tahun 2009 serta aspek earning yang diproksikan dengan rasio BOPO pada BCA pada tahun 2006-2009. Dari hasil penelitian tersebut, dapat diketahui bahwa BII memiliki kinerja terbaik karena predikat tingkat kesehatan banknya terus meningkat selama lima tahun periode analisis, prosentase terjadinya financial distress juga sangat kecil dan untuk lima tahun ke depan diprediksikan tidak ada aspek yang akan mengalami financial distress.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 04 Jul 2012 08:06
Last Modified: 04 Jul 2012 08:06
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11021

Actions (login required)

View Item View Item