KAJIAN PERLAKUAN KONSENTRASI DAN VOLUME LARUTAN COLCHICINE PADA INDUKSI MUTASI ANGGREK Phalaenopsis amboinensis SECARA IN VITRO

Fachrudin, Muhammad (2006) KAJIAN PERLAKUAN KONSENTRASI DAN VOLUME LARUTAN COLCHICINE PADA INDUKSI MUTASI ANGGREK Phalaenopsis amboinensis SECARA IN VITRO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
KAJIAN_PERLAKUAN_KONSENTRASI.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Jenis-jenis tanaman anggrek di Indonesia selama ini pengembangannya banyak diusahakan melalui kegiatan persilangan, sedangkan pada negara-negara lain pengembangannya bukan hanya melalui persilangan saja melainkan sudah menggunakan metode mutasi dan transgenik. Teknik mutasi yang dapat diterapkan pada tanaman salah satunya adalah mutasi kimia dengan menggunakan senyawa colchicine.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mempelajari perbedaan pengaruh konsentrasi dan volume 1) Mahasiswa Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Malang 2) Staf Dosen Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Malang larutan colchicine pada induksi mutasi anggrek Phalaenopsis amboinensis secara in vitro.Penelitian ini merupakan percobaan sederhana dengan menggunakan Rancangan Acak Lengakap (RAL) Faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor 1 konsentrasi colchicine terdiri dari 2 level yaitu C1 = larutan colchicine 0,01 %, C2 = larutan colchicine 0,03. faktor ke 2 volume penetesan, terdiri dari 2 level yaitu V1 = 10 μl, V2 = 15 μl. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:Pengaruh interaksi antara pemberian konsentrasi dan volume larutan colchicine dalam menginduksi mutasi anggrek Phalaenopsis amboinensis secara in vitro tidak nyata. Pemberian beberapa konsentrasi larutan colchicine berpengaruh dalam menginduksi mutasi anggrek Phalaenopsis amboinensis secara in vitro terutama pada jumlah daun dan pada jumlah klorofil daun.Pemberian beberapa volume larutan colchicine tidak berpengaruh dalam menginduksi mutasi anggrek Phalaenopsis amboinensis secara in vitro.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agronomy
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 04 Jul 2012 07:40
Last Modified: 04 Jul 2012 07:40
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11016

Actions (login required)

View Item View Item