KECENDERUNGAN TEMA DAN SASARAN PESAN KOLOM ASAL USUL KOMPAS (Analisis Isi Tema Dan Sasaran Pesan Kolom Asal Usul Harian Kompas Periode Oktober-Desember 2005)

FIRMANSYAH, FERRY ADI (2006) KECENDERUNGAN TEMA DAN SASARAN PESAN KOLOM ASAL USUL KOMPAS (Analisis Isi Tema Dan Sasaran Pesan Kolom Asal Usul Harian Kompas Periode Oktober-Desember 2005). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
KECENDERUNGAN_TEMA_DAN_SASARAN_PESANKOLOM_ASAL_USUL_KOMPAS.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Keywords: Kolom Opini, Tema Pesan, Sasaran Pesan Kegiatan jurnalistik menggunakan bahasa sebagai bahan baku memproduksi pesan lewat news maupun views. Bagi media, bahasa bukan sekedar alat komunikasi untuk menyampaikan fakta, informasi dan opini, namun juga menentukan gambaran atau citra tertentu yang hendak ditanamkan kepada publik. Kolom Asal-Usul harian Kompas merupakan suatu produk jurnalistik yang membawakan visi atau opini dari suratkabar Kompas mengenai sesuatu hal yang pada saat itu menjadi topik hangat di kalangan media. Dikarenakan citra institusi dan bersifat membawa misi dan visi media, maka kolom Asal-Usul harian Kompas ditulis oleh kolumnis yang telah mempunyai nama besar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana kecenderungan harian Kompas jika dilihat dari frekwensi tema pesan yang diangkat oleh penulis dalam kolom Asal-Usul periode Oktober sampai dengan Desember 2005 dan Siapa sajakah pihak yang menjadi sasaran pesan kolom Asal-Usul di suratkabar Kompas periode Oktober sampai dengan Desember 2005. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi karena akan diperoleh suatu hasil atau pemahaman terhadap berbagai isi pesan komunikasi yang disampaikan oleh media massa atau sumber informasi yang lain secara obyektif dan sistematis dengan tujuan hipotesis uji atas karakteristik pesan komunikan. Dari hasil analisa dapat disimpulkan bahwa kecenderungan tema pesan lebih mengarah pada tema politik dan pemerintahan, tema pesan yang di interprestasikan mengandung nilai-nilai sosial politik di masyarakat dan cenderung mengungkapkan kegelisahan-kegelisahan masyarakat terhadap sistem pemerintahan. Dalam rubrik kolom Asal-Usul ini harian Kompas berusaha memberi informasi, menghimbau, mengajak khalayak untuk mampu melihat realitas mengenai kondisi sosial politik di masyarakat. Sehingga mereka juga bisa ikut aktif dalam mengontrol pemerintahan. Sedangkan sasaran pesan ditujukkan untuk masyarakat berupa tanggapan yang mengomentari tentang budaya, moral, pola pikir dan kehidupan masyarakat Indonesia, sasaran pesan yang mengarah kepada pemerintah berupa sindiran mengenai moral para politisi dan kinerja mereka. Pada sasaran pesan yang terakhir yaitu individu atau tokoh berupa ulasan yang menggambarkan tentang moral, pola pikir dan budaya kehidupan mereka. Dari ketiga sasaran pesan tersebut kecenderungannya lebih mengarah pada pemerintah yang merupakan pelaksana dari laju pertumbuhan bangsa Indonesia. Dan hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa media Kompas menggunakan kolom Asal-Usul sebagai alat kontrol pemerintah. Hal itu terlihat dari hasil penelitian tentang kecenderungan tema dan sasaran pesan kolom yang bermuara pada politik dan pemerintahan serta pihak sasaran pesan terbanyak ialah pemerintah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 04 Jul 2012 06:51
Last Modified: 04 Jul 2012 06:51
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10980

Actions (login required)

View Item View Item