STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM SOSIALISASI ASURANSI SYARIAH(Studi Pada Asuransi Takaful Cabang Malang)

YANTI, SUCI FITRI (2006) STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM SOSIALISASI ASURANSI SYARIAH(Studi Pada Asuransi Takaful Cabang Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
STRATEGI_MARKETING_PUBLIC_RELATIONS_DALAM_SOSIALISASIASURANSI_SYARIAH.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM SOSIALISASIASURANSI SYARIAH(Studi Pada Asuransi Takaful Cabang Malang) Oleh: SUCI FITRI YANTI ( 01220236 ) Communication Science Dibuat: 2006-06-16 , dengan 3 file(s). Keywords: Strategi, Marketing Public Relations, Sosialisasi Asuransi Takaful Indonesia merupakan asuransi pertama di Indonesia yang berbasis syariah dan memiliki sistem bagi hasil yang tidak dimiliki oleh asuransi konvensional lainnya, sistem bagi hasil pada Asuransi Takaful bertujuan untuk menjunjung tinggi prinsip keadilan antar peserta dengan perusahaan sehingga peserta tidak merasa dirugikan karena mempunyai hak yang sama atas keuntungan. Untuk lebih mengembangkan sayap perusahaannya, Asuransi Takaful Indonesia yang berpusat di Jakarta ini membuka cabang di beberapa kota di Indonesia, salah satunya di Malang. Namun, kenyataannya perkembangan jasa asuransi memang kurang begitu diminati oleh masyarakat. Hal tersebut juga dirasakan oleh Asuransi Takaful Cabang Malang. Asuransi Takaful cabang Malang kurang begitu dikenal oleh masyarakat Malang, selain dikarenakan keberadaannya yang masih baru sehingga belum begitu memasyarakat, selain itu pemahaman masyarakat terhadap jasa asuransi juga dinilai rendah sehingga mengakibatkan Asuransi Takaful tidak diminati oleh masyarakat. Oleh karena itu diperlukan suatu kerja keras dari Asuransi Takaful Malang untuk lebih memasyarakatkan operasional produk dan layanan asuransi syariah yang dimiliki Asuransi Takaful. Marketing public relations merupakan kegiatan pemasaran dengan menggunakan teknik public relations melalui penciptaan citra (image) yang positif, baik tentang perusahaan maupun produk/layanannya. Dalam hal ini diperlukan suatu strategi marketing public relations untuk mensosialisasikan produk dan layanan Asuransi Takaful, dan bagian marketing-lah yang bertugas untuk melaksanakannya. Selain berperan sebagai seorang humas, bagian marketing juga dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menciptakan suatu strategi dalam mengkomunikasikan produk dan layanan Asuransi Takaful kepada masyarakat Malang.. Adapun permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimanakah strategi marketing public relations yang dilakukan Asuransi Takaful cabang Malang dalam sosialisasi Asuransi syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah strategi marketing public relations yang dilakukan oleh Asuransi Takaful cabang Malang dalam sosialisasi asuransi syariah. Dalam metode penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif guna mengumpulkan informasi factual yang melukiskan gejala yang ada. Tipe penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan perspektif emik. Sumber informasi dalam penelitian ditentukan yaitu karyawan bagian marketing berjumlah 3 orang dengan teknik pengambilan sampel total Sampling. Untuk pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh dianalisis dengan analisa data domain yaitu domain jenis dan urutan/tahapan. Dengan menggunakan teknik keabsahan data triangulasi. Dari hasil analisis data diketahui bahwa strategi marketing public relations yang dilakukan oleh Asuransi Takaful pertama adalah melakukan riset pemasaran untuk menetapkan segmentasi pasar melalui kegiatan survey pada masyarakat. Kedua adalah dengan melakukan penguasaan pasar melalui kegiatan periklanan produk, personal selling, direct marketing dan publicity. Kegiatan penguasaan pasar juga didukung dengan sarana media cetak surat kabar, spanduk dan brosur, serta melalui media elektronik radio dan internet. Strategi yang ketiga adalah dengan melakukan proses rekruitment terhadap tenaga pemasaran yang akan berhadapan langsung masyarakat. Strategi keempat adalah dengan melakukan kerjasama dengan pihak internal dan eksternal hal tersebut ditujukan untuk memperoleh positioning perusahaan dimata masyarakat luas. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi marketing public relation disusun oleh team marketing Asuransi Takaful menjadi suatu bauran strategi secara tepat dan rinci. Kegiatan sosialisasi berjalan dengan lancar dengan menggunakan beberapa kegiatan marketing communications mix dan didukung oleh berbagai sarana yang ada. Dapat dilihat bahwa lingkungan perusahaan dinilai cukup kondusif ,setiap bagian yang ada saling bekerjasama secara sinergi agar dapat mencapai target yang telah ditetapkan dengan baik. Rekomendasi bagi perusahaan adalah agar segera menata bagian humas sendiri, sehingga pekerjaan dan pelaksanaan setiap kegiatan dapat dijalankan dengan lebih spesifik pada bidang-bidang yang terkait.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 04 Jul 2012 06:29
Last Modified: 04 Jul 2012 06:29
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10971

Actions (login required)

View Item View Item