PENGARUH PELAYANAN PADA NASABAH TERHADAP CITRA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (BTN) KANTOR CABANG SYARIAH MALANG Studi pada Nasabah Kepemilikan Pembiayaan Rumah (KPR) BTN Syariah bulan Desember 2005 s.d April 2006

YANUARTI, NURING IKAPUTRI (2006) PENGARUH PELAYANAN PADA NASABAH TERHADAP CITRA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (BTN) KANTOR CABANG SYARIAH MALANG Studi pada Nasabah Kepemilikan Pembiayaan Rumah (KPR) BTN Syariah bulan Desember 2005 s.d April 2006. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_PELAYANAN_PADA_NASABAH_TERHADAP_CITRAPT.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Citra adalah tujuan utama dan sekaligus merupakan reputasi yang hendak dicapai suatu perusahaan. Membangun kepuasan nasabah adalah inti dari pencapaian citra positif perusahaan. Kepuasan nasabah dapat dilihat apabila kualitas pelayanan yang telah diberikan dapat memenuhi keinginan nasabah. Salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh suatu perusahaan untuk mencapai kepuasan nasabah adalah meningkatkan pelayanan jasanya dan memperhatikan aspek kualitas produk jasa yang dihasilkannya.BTN syariah Malang adalah perusahaan yang menghasilkan produk jasa perbankan. Memperkenalkan dan menempatkan produk jasa di benak nasabah menimbulkan tantangan yang lebih berat dibandingkan dengan memperkenalkan dan menempatkan produk barang di benak nasabah, oleh karena itu BTN Syariah harus selalu memberikan pelayanan yang prima agar tercipta citra bahwa BTN Syariah adalah pilihan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh pelayanan pada nasabah terhadap citra BTN Syariah Malang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui adakah pengaruh pelayanan pada nasabah terhadap citra BTN Syariah Malang. Tipe penelitian ini adalah eksplanatif dengan sampel 55 nasabah yang diambil dengan tehnik Accidental Sampling. Tehnik pegumpulan datanya menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan dalam tehnik analisis data menggunakan Regresi Sederhana. Dari hasil perhitungan melalui tehnik korelasi sederhana diketahui besarnya koefisien korelasi 0,648 yang berarti bahwa antara pelayanan dengan citra BTN Syariah terdapat hubungan yang kuat dan dapat disimpulkan bahwa variabel bebas (pelayanan) memberikan pengaruh yang nyata / signifikan terhadap variabel terikat (citra BTN Syariah). Dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelayanan terhadap citra BTN Syariah digunakan rumus determinan yang kemudian menghasilkan nilai 42% yang menunjukkan bahwa pelayanan yang digunakan dalam persamaan regresi telah mampu memberikan sumbangan atau kontribusi terhadap citra BTN Sayriah sebesar 42% dan sisanya 58% disebabkan oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian. Dan melalui persamaan regresi antara variabel pelayanan (X) terhadap variabel citra (Y) diperoleh persamaan: Y = 0,04 + 0,105 X. Persamaan tersebut menunjukkan hubungan setara yang berarti apabila kualitas pelayanan BTN Syariah daitambah satu kali maka citra positif perusahaan akan mengalami kenaikan sebesar 0,105 begitupun sebaliknya, apabila kualitas pelayanan BTN Sayriah diturunkan satu kali maka citra positif perusahaan akan mengalami penurunan sebesar 0,105. kemudian jika pelayanan tersebut konstan / tetap dalam artian kualitasnya tidak naik dan tidak turun maka citra positif perusahaan besarnya 0,04. Maka kesimpulan dari penelitian ini menyatakan adanya pengaruh antara pelayanan terhadap citra PT. Bank Tabungan Negara (BTN) Kantor Cabang Syariah Malang dan besarnya sumbangan variabel Pelayanan (X) terhadap variabel citra BTN Syariah (Y) adalah 42%. Hal ini dapat diketahui bahwa pelayanan yang telah dilakukan karyawan BTN Syariah memberikan kontribusi terhadap pembentukan citra BTN Syariah Malang sebesar 42% dan sisanya 58% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Sebagai saran dalam penelitian ini adalah bagi PT. BTN Kantor Cabang Syariah Malang untuk meningkatkan kualitas pelayanannya agar citra positif BTN Syariah juga semakin meningkat, dan bagi kalangan akademis untuk peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian mengenai upaya-upaya Humas dalam meningkatkan kualitas pelayanan dalam membentuk citra positif perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 04 Jul 2012 06:15
Last Modified: 04 Jul 2012 06:15
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10964

Actions (login required)

View Item View Item