ANALISIS PEMASARAN MANGGA HARUM MANIS DI KOTA PROBOLINGGO

YATMIATUS SAHRO, ITA (2006) ANALISIS PEMASARAN MANGGA HARUM MANIS DI KOTA PROBOLINGGO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_PEMASARAN_MANGGA_HARUM_MANIS_DI_KOTA_PROBOLINGGO.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Salah satu dari buah-buahan yang telah banyak di kenal di Indonesia dan merupakan tanaman hortikultura yang bersifat tahunan. Di Indonesia terdapat banyak tanaman mangga merupakan jenis tanaman mangga yaitu: harum manis, manalagi golek, madu dan lain sebagainya. Di Pulau Jawa mangga sangat cocok tumbuh di daerah tropika yaitu pada ketinggian antara 0- 300 m diatas permukaan laut. Pada ketinggian lebih dari 300 m diatas permukaan laut hasilnya kurang memuaskan. Probolinggo merupakan penghasil mangga yang berpotensial untuk di kembangkan dalam agribisnis. Oleh karena itu Produsen mangga harus mampu menganalisis pemasaran mangga harum manis agar pemasaran menjadi efisien. Berdasarkan pertimbangan di atas penelitian ini meliputi: 1. Bagaimana saluran distribusi pemasaran mangga harum manis di Kodya Probolinggo. 2. Berapa margin pemasaran mangga harum manis di Kodya Probolinggo. 3. Bagaimana tingkat efisiensi pemasaran mangga harum manis di Kodya Probolinggo. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui saluran distribusi pemasaran mangga harum manis di Kodya Probolinggo. 2. Untuk mengetahui margin pemasaran mangga harum manis di Kodya Probolinggo. 3. Untuk mengetahui tingkat efisiensi pemasaran mangga harum manis di Kodya Probolinggo. Adapun kegunaan penelitian adalah : 1. Memberikan masukan kepada pedagang mangga harum manis di kodya probolinggo.2. Dapat memberikan sumbang pikiran dan informasi yang bermanfaat bagi pihak yang memerlukan.3. Sebagai acuan bagi peneliti berikutnya. Penelitian ini dilakukan secara sengaja di Kecamatan Mayangan, Kotamadya Probolinggo, Propinsi Jawa Timur. Hal ini dilakukan karena dari segi produktifitas mangga, perusahaan ini memiliki potensi yang cukup bagus untuk dikembangkan, juga dari segi efisiensi waktu dan biaya bisa dengan mudah dilakukan riset. Mengingat lokasinya banyak terdapat pedagang mangga di kota Probolinggo. Daerah tersebut cukup potensial untuk pengembangan lebih lanjut, misalnya dengan melakukan pengembangan mangga harum manis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara ; 1. Angket (quisoner) 2. Wawancara 3. Observasi 4. Penelusuran pustaka. Analisa data yang digunakan adalah 1 Analisa deskriptif yaitu menjelaskan keadan sesuai dengan keadaan sebenarnya yang dicocokkan dengan teori dan pendapat para ahli terhadap hasil pembahasan yang dilakukan oleh peneliti. 2. Analisa efisiensi pemasaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agribusiness
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 04 Jul 2012 06:03
Last Modified: 04 Jul 2012 06:03
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10957

Actions (login required)

View Item View Item