EKSTRAKSI PIGMEN ANTOSIANIN DARI BUAH MURBEI (Morus alba L) KAJIAN KONSENTRASI HCl DAN UJI STABILITAS PADA PRODUK MINUMAN YOGHURT

FATMAWATI, FATMAWATI (2006) EKSTRAKSI PIGMEN ANTOSIANIN DARI BUAH MURBEI (Morus alba L) KAJIAN KONSENTRASI HCl DAN UJI STABILITAS PADA PRODUK MINUMAN YOGHURT. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
EKSTRAKSI_PIGMEN_ANTOSIANIN_DARI_BUAH_MURBEI.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitiaan ini, Penggunaan pewarna sintentis dapat menyebabkan toksik dan karsionegenik. Untuk itu perlu alternatif zat warna yang aman, yaitu dengan mengembangkan pewarna alami dari tumbuh-tumbuhan. Salah satunya yaitu buah murbei. HCl merupakan asam kuat yang dapat digunakan untuk mendenaturasi membran sel tanaman kemudian melarutkan pigmen antosianin keluar dari sel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi HCl yang efektif untuk mengestraksi pigmen antosianin buah murbei dan untuk mengetahui stabilitas pigmen antosianin dari buah murbei yang diaplikasikan pada produk minuman yoghurt. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 –20 Juli 2006 di Laboratorium THP, Bioteknologi, Biologi dan Kimia UMM. Jenis penelitian adalah true-eksperiment dengan Rancangan Acak Lengkap (RAK) satu faktor yang terdiri dari 6 perlakuan dan 4 ulangan. Populasi dalam penelitian ini adalalah buah murbei dengan kriteria warna buah merah dan panjang ± 1-2 cm. Sampel yang digunakan adalah 1,2 kg buah murbei. Variabel bebas adalah konsentrasi HCl dalam aquades (aquades, HCl 0,1 N, HCl 0,5 N, HCl 1,0 N, HCl 1,5 N, HCl 2,0 N) variabel terikat konsentrat antosianin (pH, intensitas warna, Kadar antosianin dan rendemen) dan aplikasi pigmen antosianin pada produk yoghurt (pH dan intensitas warna). Variabel kendali lama ekstraksi (20 menit). Data diolah dengan analisis varian (Anava) satu faktor dan dilanjutkan uji Duncan’s. Berdasarkan hasil penelitian ini konsentrasi HCl 1,0 N merupakan konsetrasi terbaik terhadap nilai pH 2,55, intensitas warna merah 15,45, kadar antosianin 0,02697 mg/ml, dan rendemen antosianin 33,449 %. Sedangkan untuk aplikasi pigmen pada yoghurt rata-rata nilai pH pada 0 hari penyimpanan 3,26, pH pada 7 hari penyimpanan 3,235, intensitas warna merah pada 0 hari penyimpanan 11,125, intensitas warna merah pada 7 hari penyimpanan 10,625. Jadi berdasarkan hasil aplikasi pigmen pada yoghurt, antosianin buah murbei selama 7 hari penyimpanan di dalam kulkas masih stabil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 04 Jul 2012 04:25
Last Modified: 04 Jul 2012 04:25
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10921

Actions (login required)

View Item View Item