METODE PENANGANAN ANAK YANG MENGALAMI KONFLIK HUKUM (Studi Kasus Penyandang Masalah Narkotika di LP Anak Blitar)

FATMA YUNITA, NANDHA (2006) METODE PENANGANAN ANAK YANG MENGALAMI KONFLIK HUKUM (Studi Kasus Penyandang Masalah Narkotika di LP Anak Blitar). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
METODE_PENANGANAN_ANAK_YANG_MENGALAMI_KONFLIK_HUKUM.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa yang seharusnya di sekolahkan atau bermain, bukan di balik terali besi atau di jalanan. Begitulah semangat umum perlindungan anak dihampir semua negara, setidaknya semangat itu tercermin dalam berbagai dokumen mulai dari konstitusi negara hingga hasil konvensi antar negara. Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar merupakan tempat penanganan anak penyandang masalah yang dapat mengatasi berbagai permasalahan kenakalan anak serta memiliki metode-metode yang berencana, terus menerus dan sistematis. Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar juga memberikan penanganan pendidikan baik formal maupun non formal yang dilakukan secara perseorangan maupun kelompok. Berdasarkan dari latar belakang di atas permasalahan yang kemudian timbul adalah: bagaimana metode penanganan anak penyandang masalah narkotika di LP Anak Blitar, serta hambatan apa saja yang dihadapi dan bagaimana cara mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar, berbentuk studi kasus yang menggunakan pendekatan kualitatif dan penelitian diskriptif. Subjek penelitian ini adalah petugas Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar dan anak didik sedangkan tehnik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik anasisa data menggunakan prosedur pengolahan data berupa pengumpulan data, reduksi data, displai data dan penggambaran kesimpulan dari hasil penelitian Dari hasil pembahasan bahwa pelaksanaan metode penanganan anak yang mengalami konflik hukum tentang penyandang masalah narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar menggunakan enam metode penanganan antara lain yaitu: penanganan interaksi langsung yang sifatnya kekeluargaan antara pembina dengan yang dibina, penanganan yang bersifat persuasif edukatif, penanganan berencana dan sistematis, pemeliharaan dengan meningkatkan langkah-langkah keamanan yang disesuaikan dengan keadaan yang dihadapi, pendekatan individual dan kelompok, dan penanganan yang terakhir menumbuhkan rasa kesungguhan, keiklasan dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas serta menanamkan kesetiaan dan keteladanan dalam pengabdianya kepada negara, hukum dan masyarakat. Dalam metode penanganan anak didik juga terdapat berbagai hambatan antara lain masalah dana, tidak adanya psikolog serta kurangnya kesadaran dari anak didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Social Welfare
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 04 Jul 2012 04:22
Last Modified: 04 Jul 2012 04:22
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10915

Actions (login required)

View Item View Item