Pengaruh Terpaan Rubrik Gaya di Majalah GADIS Terhadap Gaya Fashion Remaja(Studi Pada Siswi SMA Negeri 9 Malang)SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikUniversitas Muhammadiyah MalangSebagai Persyaratan untuk Mendapatkan Gelar Sarjana (S-1)

Sukmawati, Dwita (2009) Pengaruh Terpaan Rubrik Gaya di Majalah GADIS Terhadap Gaya Fashion Remaja(Studi Pada Siswi SMA Negeri 9 Malang)SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikUniversitas Muhammadiyah MalangSebagai Persyaratan untuk Mendapatkan Gelar Sarjana (S-1). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Pengaruh_Terpaan_Rubrik_Gaya_di_Majalah_GADISTerhadap_Gaya_Fashion.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Remaja menganggap majalah sebagai sebuah kebutuhan di era globalisasi, agar dapat mengetahui dan mengikuti perkembangan yang sedang terjadi di seluruh negara sekarang ini. Tetapi pada perkembangannya hingga saat ini rubrik majalah banyak menyajikan tentang gaya hidup fashion, dan dapat dikatakan hampir setiap majalah remaja saat ini mengulas tentang perkembangan fashion. Bahkan sebagian besar rubriknya berisi tentang fashion life style, yang sepertinya rubrik mode menjadi menu wajib bagi majalah-majalah remaja di Indonesia. Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah utama penelitian ini adalah: Adakah hubungan antara rubrik gaya di majalah GADIS dengan gaya fashion remaja dan seberapa besar hubungan rubrik gaya di majalah GADIS dengan gaya fashion remaja. Teori uses and gratifications milik Blumer dan Katz ini mengatakaan bahwa pengguna media memainkan peran aktif untuk memilih dan menggunakan media tersebut. Dengan kata lain, pengguna media itu adalah pihak yang aktif dalam proses komunikasi. Pengguna media berusaha untuk mencari sumber media yang paling baik dalam usaha memenuhi kebutuhannya. Artinya, teori uses and gratification mengasumsikan bahwa pengguna mempunyai pilihan alternatif untuk memuaskan kebutuhannya. Berdasarkan teori tersebut, maka terdapat banyak alasan khalayak khususnya siswi SMA Negeri 9 lebih memilih majalah gadis untuk memenuhi informasi yang mereka butuhkan, mengingat eksistensi dari majalah gadis.jika rubrik gaya di majalah GADIS mampu menyajikan artikel yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan audience-nya, maka keberadaan rubrik tersebut dapat diterima. sebaliknya, jika rubrik gaya di majalah GADIS tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan audience-nya, maka mereka akan memilih rubrik gaya/fashion di majalah lain agar dapat memenuhi dan memuaskan kebutuhannya Berdasarkan latar belakang penelitian maka di peroleh kesimpulan bahwa apabila rubrik gaya di majalah GADIS mengalami peningkatan, maka gaya fashion remaja akan meningkat pula. Hal ini menunjukan bahwa rubrik gaya di majalah GADIS berpengaruh positif terhadap gaya fashion remaja. Hal ini ditunjukan bahwa F hitung sebesar 57,343 > 3,938 oleh tabel 3.25 uji F/Serempak, maka hubungan antara rubrik gaya di majalah GADIS dengan gaya fashion remaja adalah signifikan. Hubungan antara variabel bebas yaitu rubrik gaya di majalah GADIS dengan variabel terikat gaya fashion remaja bersifat positif, artinya jika variabel bebas yaitu Rubrik gaya di majalah GADIS ditingkatkan maka gaya fashin remaja akan mengalami peningkatan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 04 Jul 2012 03:49
Last Modified: 04 Jul 2012 03:49
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10885

Actions (login required)

View Item View Item