ANALISIS SISTEM PEMUNGUTAN DAN PENGAWASAN PENERIMAAN PPN UNTUK PERUSAHAAN PENGEMBANG/REAL ESTATE (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Tebet)

FAKHRIANI, LIAN (2006) ANALISIS SISTEM PEMUNGUTAN DAN PENGAWASAN PENERIMAAN PPN UNTUK PERUSAHAAN PENGEMBANG/REAL ESTATE (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Tebet). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_SISTEM_PEMUNGUTAN_DAN_PENGAWASANPENERIMAAN_PPN_UNTUK_PERUSAHAANPENGEMBANG.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Tebet di Jakarta Selatan dengan judul “Analisis Sistem Pemungutan dan Pengawasan Penerimaan PPN untuk Perusahaan Pengembang /Real Estate. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pemungutan PPN atas penjualan rumah dan untuk mengetahui kebijakan yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Tebet dalam mengawasi pelaksanaan pemungutan PPN atas transaksi jual beli rumah oleh Perusahaan Pengembang/Real Estate Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan bentuk diskriptif yaitu metode dengan menggunakan kesimpulan dalam bentuk uraian tanpa menggunakan hitungan dalam bentuk angka-angka, dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik dokumentasi serta didukung dengan literatur-literatur yang berkaitan dengan masalah yang akan dibahas. Dalam penelitian ini penulis meneliti ”Bagaimana pemungutan dan pengawasan penerimaan PPN yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Tebet terhadap Perusahaan Pengembang/Real Estate. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa sistem pemungutan PPN atas penjualan rumah oleh perusahaan real estate di wilayah Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Tebet tidak mengalami masalah yang signifikan. Sedangkan kelemahan yang ada di kantor Pelayanan Pajak Jakarta Tebet dalam hal pengawasan PPN dalam penjualan rumah adalah tidak diketahui laporan mengenai penjualan atas kelebihan tanah pada rumah-rumah pojok, sehingga Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Tebet tidak mengetahui apakah atas penjualan tersebut telah dikenakan PPN atau belum. Selain itu di wilayah kecamatan Tebet sering terjadi kesepakatan antara pembeli dan penjual rumah (PKP) untuk mencantumkan harga jual beli sebesar Nilai Jual Objek Pajak, padahal NJOP tidak dapat mewakili harga jual pasar yang berlaku karena nilainya jauh lebih rendah dari harga pasar yang berlaku. Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat memberikan saran bahwa Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Tebet sebaiknya melaksanakan pemeriksaan sederhana PPN seperti pemeriksaan sederhana lapangan dan pemeriksaan sederhana kantor. Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Tebet juga dapat meningkatkan sumber daya dengan melakukan pembinaan dan peningkatan kualitas SDM serta pengelolaan keuangan dibidang perpajakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 04 Jul 2012 03:39
Last Modified: 04 Jul 2012 03:39
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10877

Actions (login required)

View Item View Item