PERBANDINGAN METODE REGION APPROACH (RA) DENGAN RANK POSITIONAL WEIGHT (RPW) UNTUK PERENCANAAN KESEIMBANGAN LINTASAN PRODUKSI GUNA MENINGKATKAN EFISIENSI KERJA

FAISOL, M. (2006) PERBANDINGAN METODE REGION APPROACH (RA) DENGAN RANK POSITIONAL WEIGHT (RPW) UNTUK PERENCANAAN KESEIMBANGAN LINTASAN PRODUKSI GUNA MENINGKATKAN EFISIENSI KERJA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERBANDINGAN_METODE_REGION_APPROACH.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

PT. Tlogomas Engineering Plastic Industri (TEPIN) Malang memproduksi berbagai jenis produk dengan bahan dasar plastik, diantaranya tissue holder, terminal kabel, stop kontak, handel obeng, gantungan kunci. Dari hasil pengamatan perusahaan menunjukkan, ada beberapa ketidak efisienan yang terjadi selama proses produksi seperti terjadinya penumpukan barang di salah satu stasiun kerja, sementara di stasiun kerja lainnya banyak tenaga kerja yang menganggur. Persoalan yang diangkat adalah Bagaimana merencanakan keseimbangan lintasan produksi dengan metode Region Approach dan Rank Positional Weight guna meningkatkan efisiensi kerja. Untuk mengatasi permasalahan tersebut metode yang digunakan adalah dengan melakukan perbandingan metode Region Approach dan Rank Positional Weight. Berdasarkan hasil analisa dan perhitungan yang dilakukan diperoleh metode terbaik yaitu metode Region Approach sedangakan perbandingan antara kondisi awal dengan kondisi usulan, dimana dengan menggunakan Metode Region Approach didapat peningkatan efisiensi sebesar 12.92%, adanya penurunan balance delay sebesar 13.78% dan bertambahnya output produksi sebanyak 2150 produk perbulan dibanding dengan kondisi awal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 04 Jul 2012 03:26
Last Modified: 04 Jul 2012 03:26
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10866

Actions (login required)

View Item View Item