TINJAUAN YURIDIS IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG HAK CIPTA NO.19 THN 2002 TERHADAP PERLINDUNGAN HAK ATAS KARYA CIPTA MUSIK/LAGU (Studi analisis atas peredaran ringtone illegal pada penyedia jasa download ringtone telepon seluler di Malang)

Enggarini, Sukma (2006) TINJAUAN YURIDIS IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG HAK CIPTA NO.19 THN 2002 TERHADAP PERLINDUNGAN HAK ATAS KARYA CIPTA MUSIK/LAGU (Studi analisis atas peredaran ringtone illegal pada penyedia jasa download ringtone telepon seluler di Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
TINJAUAN_YURIDIS_IMPLEMENTASI_UNDANG-UNDANG_HAK_CIPTA.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Objek studi dalam penulisan ini adalah mengenai perlindungan hak atas karya cipta musik/lagu yang dikonversikan menjadi bentuk ringtone dalam telepon seluler. Ringtone merupakan salah satu bentuk hasil alih wujud dari musik/lagu. Dimana musik/lagu tersebut dilindungi oleh Undang-undang hak Cipta. Hak cipta ini meliputi hak ekonomi dan hak moral. Dalam penelitian ini menggambarkan ringtone yang banyak dijual kepada masyarakat pengguna telepon seluler baik melalui internet maupun secara langsung seperti yang terdapat di mal-mal/pusat perbelanjaan, kios telepon seluler, ternyata tidak semua dijual secara legal melainkan secara illegal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran bagaimana Undang-undang Hak Cipta memberikan perlindungan atas karya cipta musik/lagu dengan banyaknya peredaran ringtone illegal pada penyedia jasa download ringtone. Selain itu juga faktor-faktor yang menyebabkan banyaknya peredaran ringtone illegal di Malang. Metode yang digunakan penulis dalam penyusunan skripsi ini adalah yuridis sosiologis dengan menggunakan sumber data primer, analisa data disajikan secara deskriptif analisis yakni dengan melihat ketentuan yang berkaitan dengan hak cipta kemudian diterapkan pada permasalahan peredaran ringtone illegal pada penyedia jasa download ringtone di Malang. Dalam Undang-undang Hak Cipta memberikan perlindungan atas karya cipta musik/lagu bahkan hasil dari pengalihwujudan. Menjual, memperbanyak bahkan mengedarkan ringtone merupakan tindakan pemanfaatan dari karya cipta orang lain, sehingga harus memperoleh ijin terlebih dahulu dari pemegang hak cipta dari lagu yang digunakan. Apabila pihak yang menjual dan mengedarkan ringtone tersebut tidak mempunyai lisensi dari pemegang hak cipta atas lagu yang digunakan sebagai ringtone, maka pihak tersebut telah melakukan pelanggaran hak cipta. Faktor perkembangan teknologi khususnya digital yang semakin canggih, tarif lisensi untuk download ringtone yang relatif mahal, aparat hukum yang kurang tegas, serta rendahnya pemahaman masyarakat tentang hak cipta menyebabkan banyaknya peredaran ringtone illegal di Malang. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Undang-undang Hak Cipta No.19 tahun 2002 belum dapat berjalan secara efektif, meskipun dalam Undang-undang tersebut memberikan perlindungan namun kenyataan dapat dilihat dengan banyaknya peredaran ringtone-ringtone illegal pada penyedia jasa download ringtone di Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 04 Jul 2012 02:23
Last Modified: 04 Jul 2012 02:23
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10826

Actions (login required)

View Item View Item