PENGAR0UH EARNING PER SHARE (EPS), PRICE EARNING RATIO (PER), dan TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP HARGA SAHAM (Study Pada Perusahaan Farmasi Yang Go Public Di Bursa Efek Jakarta Periode 1999-2003)

YUNIALITA DWI NASTITI, RENNI (2006) PENGAR0UH EARNING PER SHARE (EPS), PRICE EARNING RATIO (PER), dan TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP HARGA SAHAM (Study Pada Perusahaan Farmasi Yang Go Public Di Bursa Efek Jakarta Periode 1999-2003). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGAR0UH_EARNING_PER_SHARE.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan study kasus pada Bursa Efek Jakarta dengan judul “ Pengaruh Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER) dan Tingkat Suku Bunga terhadap Harga Saham Perusahaan Farmasi Yang Go Public di BEJ Periode 1999-2003” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah EPS, PER, dan Tingkat Suku Bunga secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap harga saham dan untuk mengetahui faktor manakah diantara EPS, PER, dan Tingkat Suku Bunga yang berpengaruh dominan terhadap harga saham Perusahaan Farmasi yang go public di BEJ periode 1999-2003 Populasi yang digunakan dalam penelitian sebanyak 10 perusahaan farmasi yang go public di BEJ. Sampel yang digunakan sebanyak 8 perusahaan farmasi yang go piblic di BEJ. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria perusahaan farmasi yang go public di BEJ dan memberikan laporan keuangannya secara periodik dan lengkap kepada BEJ periode 1999-2003. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Untuk mengetahui apakah EPS, PER, dan Tingkat Suku Bunga berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham perusahaan farmasi digunakan uji f (Ftest). Untuk mengetahui faktor mana (EPS, PER, dan Tingkat Suku Bunga) yang berpengaruh dominan terhadap harga saham perusahaan farmasi digunakan uji t (ttest). Dalam penelitian ini penulis mengambil dua hipotesis yaitu : diduga variabel EPS, PER dan Tingkat Suku Bunga secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan farmasi yang go public di BEJ, diduga variabel PER mempunyai pengaruh paling dominan terhadap harga saham perusahaan farmasi yang go public di BEJ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas ( EPS, PER, Tingkat Suku Bunga) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan farmassi yang go public di BEJ, hal ini dibuktikan bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel (45.215 > 3.2519). Sedangkan secara parsial variabel EPS dan PER berpengaruh terhadap harga saham perusahaan farmasi yang go public di BEJ. Variabel Tingkat Suku Bunga tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan farmasi yang go public di BEJ. Variabel EPS menunjukkan nilai thitung sebesar 11.639 > ttabel yaitu 2.0281. Variabel PER menunjukkan nilai thitung sebesar 7.715 > ttabel yaitu 2.0281. Variabel Tingkat Suku Bunga menunjukkan nilai thitung sebesar –0.118 < ttabel yaitu 2.0281. Variabel yang paling dominan mempengaruhi harga saham adalah variabel PER. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa EPS, PER, dan Tingkat Suku Bunga meskipun bukan satu-satunya indikator utama dalam mengambil keputusan investasi di pasar modal tetapi EPS, PER, dan Tingkat Suku Bunga dapat dijadikan sebagai salah satu ukuran untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 03 Jul 2012 07:20
Last Modified: 03 Jul 2012 07:20
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10798

Actions (login required)

View Item View Item