STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MEMENANGKANPERSAINGAN PASAR BISNIS RITEL PADA MINI MARKET SWALAYANSURYA PUSAT DI KECAMATAN PONOROGO KABUPATEN PONOROGOJAWA TIMUR

YUNIARIFAH, YUNIARIFAH (2006) STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MEMENANGKANPERSAINGAN PASAR BISNIS RITEL PADA MINI MARKET SWALAYANSURYA PUSAT DI KECAMATAN PONOROGO KABUPATEN PONOROGOJAWA TIMUR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MEMENANGKANPERSAINGAN PASAR BISNIS RITEL.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Penelitian berjudul Startegi Pemasaran Dalam Upaya Memenangkan Persaingan Pasar Bisnis Ritel Pada Mini Market Swalayan Surya Pusat Di Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo Jawa Timur memiliki tujuan untuk menentukan strategi pemasaran yang sesuai bagi perusahaan dalam meningkatkan pangsa pasarnya dan agar tetap terus eksis di tengah kompetisi usaha yang semakin meningkat. Penelitian ini menganalisis bentuk kebijakan perusahaan berkenaan dengan strategi pemasaran, yang meliputi kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman, dan pangsa pasar yang dimiliki serta strategi pemasaran yang perlu dikembangkan oleh perusahaan dengan menggunakan alat analisis SWOT (strenghts, weaknesess, opportunities dan treaths). Dewasa ini pertumbuhan ritel swalayan, tumbuh bagaikan jamur di musim hujan. Pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, secara otomatis akan dibarengi oleh semakin meningkatnya kebutuhan dan permintaan masyarakat akan barang-barang kebutuhan pokok, seperti Sembako (sembilan bahan pokok) hal ini merupakan salah satu pemicu pertumbuhan ritel, sehingga memunculkan kondisi persaingan yang ketat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Mini Market Swalayan Surya Pusat memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan kedua swalayan lainnya, yaitu Surya Kosmetik dan Berkah Swalayan. Berdasarkan analisis IFE dan EFE. Dari hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa untuk fakor kekuatan dan dan kelemahan (IFE) menunjukkan angka sebesar 3,7 dan faktor peluang dan ancaman (EFE) sebesar 2,85. Faktor kekuatan dan peluang sebesar (SO) 5,2, kekuatan dan ancaman (ST) sebesar 4, 25. faktor kelemahan dan peluang (WO) sebesar 2,3 dan untuk faktor kelemahan dan ancaman (WT) sebesar 1,35. Dari hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa Mini Market Swalayan Surya Pusat memiliki kekuatan yang besar untuk memanfaatkan peluang dan meminimalisasi ancaman, Mini Market Swalayan Surya Pusat juga dapat meminimalkan kelemahan untuk memanfaatkan peluang, terlebih lagi dalam meminimalisasi kelemahan untuk menghindari ancaman. Berdasarkan permasalahan tersebut, Mini Market Swalayan Surya Pusat dapat memanfaatkan kekuatan dan peluang secara optimal. Diharapkan Mini Market Swalaayn Surya Pusat dalam meningkatkan pangsa pasarnya yakni melakukan strategi back to basic. Walapuan posisi perusahaan berada pada Market leader (pemimpin Pasar), namun perusahaan tidak boleh lengah dan puas dengan hal tersebut. Pemberian nilai superior yang dinamis kepada pelanggan akan dapat mempertahankan dan mengembangkan posisi perusahaan, disamping juga memperluas pangsa pasar dengan memberikan service dan promosi yang bagus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 03 Jul 2012 06:51
Last Modified: 03 Jul 2012 06:51
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10782

Actions (login required)

View Item View Item