PENGARUH RASIO PROFITABILITAS DAN RASIO LEVERAGE TERHADAP HARGA PASAR SAHAM PERUSAHAAN YANG LISTING DI BEJ (STUDI PADA PERUSAHAAN ROKOK)

Ekawati, Eni (2006) PENGARUH RASIO PROFITABILITAS DAN RASIO LEVERAGE TERHADAP HARGA PASAR SAHAM PERUSAHAAN YANG LISTING DI BEJ (STUDI PADA PERUSAHAAN ROKOK). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_RASIO_PROFITABILITAS_DAN_RASIO_LEVERAGETERHADAP_HARGA_PASAR_SAHAM_PERUSAHAANYANG_LISTING_DI_BEJ.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi empiris pada perusahaan rokok yang listing di BEJ dengan judul Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Rasio Leverage terhadap Harga Pasar am Perusahaan Rokok yang listing di BEJ. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji apakah rasio profitabilitas dan rasio leverage mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham pada perusahaan rokok yang listing di BEJ dan untuk mengkaji variabel mana yang dominan mempengaruhi harga pasar saham pada perusahan rokok yang listing di BEJ. Dalam penelitian ini, diambil hipotesis yaitu bahwa rasio profitabilitas dan rasio leverage mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga pasar pada perusahan rokok yang listing di BEJ dan variabel debt rasio yang berpengaruh dominan terhadap harga pasar saham pada perusahaan rokok yang lisitng di BEJ. Alat analisis yang dipergunakan yaitu metode regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 13. untuk menguji kebenaran hipotesis pertama dengan menggunakan uji F dan uji T sedangkan untuk menguji kebenaran hipotesis ke dua yaitu dengan melihat t hitung yang paling besar atau nilai profitabilitas atau signifikansi yang paling kecil. Hasil perhitungan dengan metode regresi linear berganda yaitu dengan menggunakan program SPSS 13, diperoleh persamaan Y= 4.181+0.504X1–0.487X2–0.086X3–0.062X4. Dari hasil analisis yang dilakukan secara simultan (uji F) diketahui bahwa rasio profitabilitas dan rasio leverage mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perubahan harga pasar saham dengan nilai F hitung sebesar 9.263. dengan nilai probabilitas sebesar 0.002 dengan demikian, hipotesis pertama terbukti. Dari hasil analisis yang dilakukan secara parsial (uji T) diketahui profit margin (X1) berpengaruh terhadap harga saham, ROI(X2) berpengaruh signifikan terhadap perubahan harga pasar saham, debt rasio (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga pasar saham dan TIE(X4) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga pasar saham. Dilihat dari T hitung yang paling besar diambil keputusan profit margin mempunyai pengaruh dominan terhadap perubahan harga pasar saham. Dengan demikian, hipotesis kedua tidak terbukti. Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis mengimplikasikan bahwa sebaiknya investor dalam melakukan investasi saham hendaknya memperhatikan tingkat profitabilitas perusahaan terutama profit margin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 03 Jul 2012 06:48
Last Modified: 03 Jul 2012 06:48
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10779

Actions (login required)

View Item View Item