UJI MACAM DAN KONSENTRASI EKSTRAK TANAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN STEK VANILI (Vanilla planifolia Andrews) SECARA HIDROPONIK

YUNIARSIH, IRA (2006) UJI MACAM DAN KONSENTRASI EKSTRAK TANAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN STEK VANILI (Vanilla planifolia Andrews) SECARA HIDROPONIK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
UJI_MACAM_DAN_KONSENTRASI.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Tujuan dan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan ekstrak tanaman sebagai sumber nutrisi terhadap pertumbuhan stek vanili. Hipotesis penelitian ini adalah (1) Diduga kombinasi antara konsentrasi 30 % dan Ekstrak tanaman Lamtoro dapat meningkatkan pertumbuhan stek vanili dibandingkan kombinasi yang lainnya (2) Diduga Ekstrak tanaman lamtoro dapat meningkatkan pertumbuhan stek vanili dibandingkan ekstrak tanaman lainnya karena kandungan N nya lebih tinggi (3) Diduga konsentrasi 30 % dapat meningkatkan pertumbuhan stek vanili karena mengandung unsur N lebih banyak. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan 23 Mei-23 Agustus 2005. Adapun tempat pelaksanaan penelitian ini di Lab RISTEK CV. CAKRA BUANA Sawojajar dengan suhu ruang berkisar 260C dan RH 75-85%. Percobaan ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok yang terdiri dan 2 faktor dan diulang sebanyak 3 kali. yaitu : Faktor 1 (Macam Ekstrak Tanaman), El = Ekstrak Lamtoro (Leucaena glauca ), E2 = Ekstrak putri malu (Mimosa udeca), E3 = Ekstrak Jambu Merah (Psidium guajava Merah ), E4 = Ekstrak Jambu Putih (Psidium guajava Putih ), dan Faktor 2 (Konsentrasi Ekstrak Tanaman ), K0 = Tanpa Ekstrak, K1 = Konsentrasi 10 %, K2 = Konsentrasi 20 %, K3 = Konsentrasi 30 % Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi interaksi yang nyata dan sangat nyata antara macam dan konsentrasi ekstrak terhadap peubah panjang tunas, panjang akar, jumlah ruas, jumlah daun, dan berat basah. Panjang tunas yang terbaik adalah kombinasi perlakuan ekstrak tanaman putri malu dengan konsentrasi 30% (E2K3), panjang akar yang terbaik adalah kombinasi perlakuan ekstrak tanaman lamtoro dengan konsentrasi 20% (E1K2), jumlah ruas yang terbaik adalah kombinasi perlakuan ekstrak tanaman putri malu dengan konsentrasi 30% (E2K3), jumlah daun yang terbaik adalah kombinasi perlakuan ekstrak tanaman Iarntoro dengan konsentrasi 20% (E1K2), dan berat basah yang terbaik adalah kombinasi perlakuan ekstrak tanaman putri malu dengan konsentrasi 20% (E2K2). Perlakuan macam ekstrak dapat memngkatkan pertumbuhan tanaman stek vanili, diurutkan dan ekstrak tanaman yang terbaik yaitu: Putri malu, Lamtoro, Jambu Putih, Jambu Merah. Pemberian ekstrak tanaman dengan konsentrasi 10%, 20% dan 30% dapat meningkatkan pertumbuhan stek vanili.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agronomy
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 03 Jul 2012 06:48
Last Modified: 03 Jul 2012 06:48
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10777

Actions (login required)

View Item View Item