ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN GO PUBLIC SEBELUM DAN SETELAH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)

Sari, Desvita Trimala (2009) ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN GO PUBLIC SEBELUM DAN SETELAH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_KINERJA_KEUANGAN_PERUSAHAAN_GO_PUBLIC_SEBELUM_DAN_SETELAH_IMPLEMENTASI_KEBIJAKAN_CORPORATE_SOCIAL_RESPONSIBILITY.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan kategori penelitian kuantitatif yang berjudul “Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Go Public Sebelum dan Setelah Implementasi Kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan perusahaan go public sebelum dan sesudah implementasi kebijakan CSR. Penelitian ini menggunakan Return On Asset (ROA) yang dihitung dengan menggunakan formula ROA. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan tambang, semen, dan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 20052008. Purposive sampling digunakan untuk memperoleh sampel penelitian. Dari metode tersebut, didapat 18 observasi dari 25 perusahaan tambang, semen, dan telekomunikasi selama empat tahun. Hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah bahwa terdapat Terdapat perbedaan kinerja keuangan yang signifikan perusahaan go public sebelum dan setelah implementasi kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR). Penelitian ini menggunakan statistik deskripitif untuk mengetahui gambaran tingkat Return On Asset (ROA) perusahaan tambang, semen, dan telekomunikasi sebelum dan setelah implementasi kebijakan CSR. Sedangkan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan, digunakan uji t berpasangan. Dari hasil statistik deskriptif, diketahui bahwa ratarata Return On Asset (ROA) setelah CSR justru lebih tinggi dari pada sebelum terbitnya kebijakan corporate social responsibility. Untuk uji t berpasangan, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kebijakan CSR dapat bermanfaat untuk meningkatkan profitabilitas dan kinerja finansial yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 03 Jul 2012 06:27
Last Modified: 03 Jul 2012 06:27
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10755

Actions (login required)

View Item View Item