PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PADA PABRIK GULA (PG) PESANTREN KEDIRI

YURAIDA, ANNITA (2006) PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PADA PABRIK GULA (PG) PESANTREN KEDIRI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_KESELAMATAN_DAN_KESEHATAN_KERJA_TERHADAP_KINERJA_KARYAWAN_BAGIAN_PRODUKSI_PADA_PABRIK_GULA.pdf

Download (40kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian yang lakukan ini adalah penelitian penjelasan (explanational research), dimana peneliti melakukan observasi dalam pengumpulan data yang dilakukan pada Pabrik Gula (PG) Pesantren dengan judul penelitian yaitu: “Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pabrik Gula (PG) Pesantren Kediri”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan program keselamatan dan kesehatan kerja serta kinerja karyawan bagian produksi. Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap Kinerja Karyawan di Pabrik Gula (PG) Pesantren Kediri. Adapun kegunaan penelitian yang ingin dicapai khususnya bagi pihak perusahaan yaitu pertimbangan dan sumbangan pemikiran bagi pimpinan perusahaan bahwa dalam suatu perusahaan sangatlah perlu ada program jaminan sosial tenaga kerja sebagai upaya memberikan perasaan aman kepada pekerja dalam rangka meningkatkan kesejahteraan karyawan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik rentang skala, regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Dari hasil analisis rentang skala menunjukkan bahwa program keselamatan kerja karyawan bagian produksi pada Pabrik Gula (PG) Pesantren Kediri dirasakan oleh karyawan kurang baik. Pelaksanaan program kesehatan kerja selama ini dinilai oleh karyawan adalah kurang baik. Kinerja karyawan bagian produksi pada Pabrik Gula (PG) Pesantren Kediri yang meliputi jumlah produksi yang sesuai dengan ketetapan perusahaan, kualitas dan mutu barang yang dihasilkan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan perusahaan dan ketepatan waktu yang digunakan dalam menyelesaikan pekerjaan masuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda yang telah dilakukan menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan program keselamatan dan kesehatan kerja karyawan dengan kinerja bagian produksi pada Pabrik Gula (PG) Pesantren Kediri baik secara parsial maupun simultan. Beberapa saran yang dapat diberikan kepada perusahaan yaitu diharapkan untuk lebih memperhatikan mengenai keberadaan petugas medis yang memberikan pelayanan pertolongan pertama (PP).Diharapkan perusahaan untuk memberikan pelatihan mengenai usaha-usaha untuk menjaga kesehatan sehingga dapat mendukung karyawan dalam melaksanakan pekerjaan yang dibebankan kepadanya. Perusahaan diharapkan untuk lebih memperhatikan mengenai penempatan peralatan kerja di perusahaan sesuai dengan ketentuan sehingga mampu mendukung kerja karyawan dan tidak membahayakan keselamatan karyawan.Lebih memperhatikan kualitas alat pelindung diri bagi karyawan seperti kacamata kerja, respirator, tutup kepala dan sarung tangan yang disediakan perusahan sehingga dapat memberikan jaminan atas keselamatan kerja karyawan.Bagi peneliti selanjutnya yang berminat untuk melanjutkan penelitian ini diharapkan untuk menyempurnakannya yaitu dengan menggunakan variabel lain yang berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 03 Jul 2012 05:15
Last Modified: 03 Jul 2012 05:15
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10742

Actions (login required)

View Item View Item