PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM PEMBELAJARAN ARITMETIKA SOSIAL DI KELAS I MTs. SURYA BUANA MALANG

ERNAM, MOH. (2006) PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM PEMBELAJARAN ARITMETIKA SOSIAL DI KELAS I MTs. SURYA BUANA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_REALISTIC_MATHEMATICS_EDUCATION.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Mutu pendidikan di Indonesia pada umumnya masih sangat rendah, ini terlihat dari kemampuan IPA untuk tingkat SLTP, Indonesia menempati urutan ke-32 dari 38 negara. Prestasi siswa dalam pelajaran matematika secara nasional pada umumnya juga masih jauh lebih rendah dibandingkan pelajaran-pelajaran lain. Hal ini menuntut adanya upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan matematika, baik melalui pendekatan, metode, dan paradigma pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan menerapkan suatu pendekatan pembelajaran matematika realistik (realistic mathematics education) dalam pembelajaran aritmetika sosial di kelas I MTs. Surya Buana Malang Teori belajar matematika yang sekarang banyak diadopsi negara-negara di dunia adalah Realistic Mathematics Education (RME). Teori ini dikembangkan di negeri Belanda oleh Freudenthal berdasarkan ide bahwa matematika adalah aktivitas manusia (mathematics as a human activity). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action risearch). Subyek penelitian adalah 10 orang siswa kelas I Mts. Surya Buana Malang yang terdiri dari 3 orang siswa peringkat atas, 4 orang siswa peringkat menengah, dan 3 orang siswa peringkat bawah. Rancangan penelitian dibagi dalam tiga siklus. Siklus I terdiri dari materi pengertian harga pembelian, penjualan, untung atau rugi, menghitung harga pembelian, penjualan, untung atau rugi. Siklus II terdiri dari materi menghitung persentase untung atau rugi, menghitung rabat, bruto, tara, dan neto, dan materi siklus III adalah menggunakan persentase dalam soal-soal tabungan dan koperasi. Pembelajaran konsep aritmetika sosial dilaksanakan sebagai berikut: (1) siswa bermain peran, (2) siswa mendiskusikan masalah realistik, (3) siswa menyelesaikan masalah dengan pengetahuan yang dimiliki, (4) siswa mempresentasikan hasil diskusinya, (5) membandingkan hasil pemikiran siswa, (6) memberi kesempatan siswa untuk menanggapi hasil diskusi kelompok lain, (7) siswa menemukan konsep penyelesaian secara matematika, (8) siswa menyelesaikan masalah realistik, (9) memberikan tes formatif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) siswa merasa senang dan antusias dalam belajar, (2) membuat siswa termotivasi untuk mengkonstruk sendiri, (3) siswa berani mengungkapkan ide-idenya dalam berdiskusi, (4) senang dan gembira ketika berhasil menemukan konsep secara matematika, (5) berani berkompetisi, (6) belajar siswa mengalami peningkatan. Tantangan dan hambatan meliputi: (1) penggunaan waktu secara efektif dan efisien, (2) pengkondisian kelas, (3) penerapan pembelajaran dengan berbagai metode, (4) mengarahkan siswa untuk belajar dengan melakukan, dan (5) mengubah paradigma mengajar ke paradigma belajar. Berangkat dari temuan penelitian ini, saran yang mungkin dapat dipertimbangkan adalah: (1) memilih metode yang menunjang prinsip-prinsip belajar aktif, (2) menyusun masalah realistik dengan menggunakan masalah-masalah yang benar-benar dialami siswa, (3) siswa harus terus dimotivasi dan diawasi agar tetap fokus dengan masalah yang dibahas ketika sedang diskusi, (4) mengajarkan materi tidak urut halaman, (5) bagi peneliti yang berminat untuk meneliti pendekatan matematika realistik, diharapkan untuk mencoba materi-materi, metode yang berbeda agar diperoleh data lebih baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 03 Jul 2012 04:08
Last Modified: 03 Jul 2012 04:08
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10720

Actions (login required)

View Item View Item