ANALISIS TINGKAT LIKUIDITAS, PROFITABILITAS SERTA PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN DAN PERUBAHAN HARGA SAHAM PERUSAHAAN YANG LISTED DI BURSA EFEK JAKARTA (BEJ)

ENDRIASARI, HEAVY (2006) ANALISIS TINGKAT LIKUIDITAS, PROFITABILITAS SERTA PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN DAN PERUBAHAN HARGA SAHAM PERUSAHAAN YANG LISTED DI BURSA EFEK JAKARTA (BEJ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_TINGKAT_LIKUIDITAS.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif pada perusahaan yang listed di Bursa Efek Jakarta (BEJ) pada periode 2001-2003 dengan judul “Analisis Tingkat Likuiditas, Profitabilitas serta Pertumbuhan Perusahaan yang Listed di Bursa Efek Jakarta (BEJ)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa tingkat likuiditas, profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kebijakan dividen dan untuk membuktikan bahwa tingkat likuiditas, profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perubahan harga saham. Dalam penelitian ini, penulis mengambil dua hipotesis, yaitu: bahwa tingkat likuiditas, profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen; dan tingkat likuiditas, profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh signifikan terhadap perubahan harga saham. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui tingkat likuiditas, profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan yaitu dengan current ratio (CR), return on equity (ROE), dan growth (G). Sedangkan untuk mengetahui pengaruh tingkat likuiditas, profitabilitas serta pertumbuhan perusahaan terhadap kebijakan dividen dan perubahan harga saham menggunakan analisis regresi berganda. Sedangkan untuk menguji kedua hipotsis digunakan uji F dan uji t. Hasil perhitungan dengan regresi berganda untuk membuktikan pengaruh tingkat likuiditas, profitabilitas serta pertumbuhan perusahaan terhadap kebijakan dividen yaitu Y = - 0,758 + 0,201X1 – 0,140X2 – 0,105X3 dengan F- hitung 4,160 dan tingkat signifikan 0,008. Uji t menunjukkan likuiditas dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen, sedangkan pertumbuhan perusahaan memiliki nilai t – hitung –2,097 dengan tingkat signifikan 0,039. Hasil perhitungan regresi berganda untuk membuktikan pengaruh tingkat likuiditas, profitabilitas serta pertumbuhan perusahaan terhadap perubahan harga saham tidak memasukkan variabel likuiditas dan profitabilitas, karena kedua variabel tersebut tidak memenuhi uji autokorelasi. Sehingga persamaan regresi yang terbentuk yaitu Y = - 1,048 – 0,054X. Sedangkan nilai t-hitung variabel pertumbuhan perusahaan sebesar –0, 631 dengan tingkat signifikan 0,530. Dari hasil analisis regresi berganda maka secara simultan tingkat likuiditas, profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen. Sedangkan secara parsial pertumbuhan perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen dan tidak berpengaruh terhadap perubahan harga saham. Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa selain mempertimbangkan faktor teknikal, sebaiknya perusahaan juga mempertimbangkan faktor non fundamental untuk menentukan kebijakan dividen sehingga memaksimumkan harga saham

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 03 Jul 2012 03:38
Last Modified: 03 Jul 2012 03:38
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10705

Actions (login required)

View Item View Item