DISPARITAS PUTUSAN HAKIM TERHADAP KASUS PSIKOTROPIKA (Studi di Pengadilan Negeri Malang dan lembaga Pemasyarakatan Lowokwaru Malang)

Yanti MA, Nelly (2006) DISPARITAS PUTUSAN HAKIM TERHADAP KASUS PSIKOTROPIKA (Studi di Pengadilan Negeri Malang dan lembaga Pemasyarakatan Lowokwaru Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
DISPARITAS_PUTUSAN_HAKIM_TERHADAP_KASUS_PSIKOTROPIKA_%28.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Obyek studi dalam penelitian ini adalah mengenai Disapritas Putusan Hakim Terhadap Kasus Psikotropika.. Hal ini dilatar belakangi meningkatnya kejahatan Psikotropika, yang dalam prakteknya, terjadi perbedaan putusan hakim meskipun pada perkara yang sama, dikarenakan pada setiap perkara mempunyai ciri dan karekteristik tersendiri, serta setiap putusan didasarkan pada pembuktian di persidangan. Adapun permaslahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apa faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya disparitas putusan hakim dalam kasus Psikotropika serta bagaimana dampak disparitas putusan hakim tersebut bagi Terpidana. Tujuan penelitian ini adalah sebagai pedoman untuk mengetahui apa faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya disparitas putusan hakim dalam kasus Psikotropika serta bagaimana dampak disparitas putusan hakim tersebut bagi Terpidana. Metode penulisan yang digunakan dalam kajian ini adalah metode yuridis sosiologis, mengkaji dan menganalisa permasalahan yang ditetapkan secara yuridis dengan melihat fakta empiris secara obyektif. Kemudian seluruh data dianalisa secara deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa mengenai dasar pertimbagan hakim dalam menjatuhkan putusan yang menimbulkan disparitas pemidanaan, pada kenyataannya didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, mempertimbangkan keadaan yang berkaitan dengan terdakwa, meliputi kepribadian, keadaan sosial, ekonomi, dan sikap masyarakat, serta dalam hal pembuktian didasarkan pada fakta yang terungkap di persidangan yang meliputi keterangan terdakwa, keterangan saksi, dan keterangan ahli, serta barang bukti. Sedangkan mengenai dampak disparitas putusan hakim terhadap terpidana, menimbulkan ketidak percayaan terpidana terhadap keadilan hukum yang berlaku. Menyikapi fakta-fakta tersebut di atas, diharapkan hakim dapat melihat akibat dari putusan tersebut. Karena menyangkut kehidupan yang harus dijalani selanjutnya oleh terpidana. Agar tujuan pemidanaan yaitu menghargai hukum yang berlaku dapat tercapai. Dan hakim harus benar-benar mempergunakan data-data pemidanaan yang lengkap dalam memutus perkara agar terpenuhinya isi dari pasal 197 ayat 1 butir a KUHP.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 03 Jul 2012 03:06
Last Modified: 03 Jul 2012 03:06
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10669

Actions (login required)

View Item View Item