ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL TANAMAN NILAM ( Pogostemon Cablin, Benth ) Studi Kasus di Desa Pamotan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang

EFENDI, NUR (2006) ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL TANAMAN NILAM ( Pogostemon Cablin, Benth ) Studi Kasus di Desa Pamotan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_KELAYAKAN_FINANSIAL_TANAMAN_NILAM.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Tanaman nilam ( Pogostemon Cablin, Benth )adalah tanaman daerah tropis yang mudah tumbuh dengan baik didataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut (dpl ). Namun idealnya nilam tumbuh didaerah dengan ketinggian 10-700 meter dpl. Tanaman nilam merupakan penghasil minyak nilam yang banyak digunakan sebagai bahan baku pembuat sabun, untuk fiksatif pada parfum, bahan baku pembuat sabun dan lain-lain. Penelitian ini dapat digunakan untuk mengetahui apakah secara financial pengusahaan tanaman nilam ini layak untuk diusahakan dan untuk mengetahui stuktur biaya dalam pengusahaan tanaman nilam selain itu juga untuk memberi motivasi pada pengusaha dalam pengembangan usaha ini secara komersial, memberi masukan pada investor untuk menanamkan modalnya pada usaha ini, dan sebagai pustaka ilmiah untuk penulisan penelitian selanjutnya. Penelitian ini dilakukan di desa Pamotan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Penentuan tempat penelitian ini dilakukan secara sengaja atau purposive method dengan pertimbangan bahwa daerah tersebut merupakan salah satu daerah yang mengusahakan tanaman nilam. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Dari hasil perhitungan analisis kelayakan dengan menggunakan tingkat diskonto 3%, NPV yang diperoleh adalah sebesar Rp 886.275. Dari hasil NPV tersebut menunjukkan bahwa usahatanaman nilam layak untuk dikembangkan. Net B/C Ratio pada tingkat diskonto 3% yaitu sebesar 1,120 yang berarti usaha tanaman nilam layak untuk dikembangkan. IRR yang diperoleh yaitu sebesar 49,05 % yang berarti menguntungkan. Dan payback period dapat tercapai pada saat 1 tahun dimana modal sudah dapat kembali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agribusiness
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 03 Jul 2012 03:04
Last Modified: 03 Jul 2012 03:04
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10665

Actions (login required)

View Item View Item