PELAKSANAAN DENDA SEBAGAI ALTERNATIF PENYELESAIAN PELANGGARAN LALU LINTAS MOBIL PENUMPANG UMUM (Studi di Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang)

Dwi Pravitasari, Widyastiningrum (2006) PELAKSANAAN DENDA SEBAGAI ALTERNATIF PENYELESAIAN PELANGGARAN LALU LINTAS MOBIL PENUMPANG UMUM (Studi di Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PELAKSANAAN_DENDA_SEBAGAI_ALTERNATIF.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Kondisi jalan yang tidak seimbang jika dibandingkan dengan pertambahan jumlah kendaraan yang semakin meningkat, seiring dengan perilaku masyarakat sebagai pengguna jalan yang kurang mengindahkan kesopanan, keamanan, ketertiban dan kepatuhan terhadap Undang – undang dalam berlalu lintas, sehingga sering terjadi pelanggaran, kemacetan, dan kecelakaan lalu lintas. Untuk itu guna menanggulangi pelanggaran lalu lintas mobil penumpang umum tersebut, perlu adanya suatu tindakan pelaksanaan denda yang tinggi, sehingga dengan adanya pelaksanaan denda yang tinggi tersebut dapat benar – benar dirasakan oleh pelaku pelanggaran lalu lintas mobil penumpang umum. Dari sinilah peran apartur penegak hukum terutama PPNS Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang yang berada di lapangan sebagai ujung tombak terutama dalam menekan / mengurangi pelanggaran lalu lintas mobil penumpang umum. Obyek penelitian yang sekaligus menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan denda sebagai alternatif penyelesaian pelanggaran lalu lintas mobil penumpang umum di Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang dan apa faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan denda sebagai alternatif penyelesaian pelanggaran lalu lintas mobil penumpang umum di Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang. Tujuan yang ingin dicapai oleh penulis dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan denda sebagai alternatif penyelesaian pelanggaran lalu lintas mobil penumpang umum di Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang, sekaligus untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukungnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode pendekatan yuridis sosiologis, yaitu suatu pembahasan yang berdasarkan Peraturan Perundang – undangan yang berlaku dan pendapat teoritis para pakar yang berkaitan dengan permasalahan, untuk selanjutnya dihubungkan dengan kenyataan yang ada di masyarakat berkaitan dengan permasalahan yang akan dibahas. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah interview (wawancara) dan dokumentasi. Sedangkan dalam tehnik analisa data menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu hasil penelitian di lapangan yang berupa data dan perlu diolah lagi dan dipadukan dengan data yang didapat dari hasil studi kepustakaan. Sedangkan melalui proses penelitian ini penulis memperoleh hasil bahwasannya pelaksanaan denda sebagai alternatif penyelesaian pelanggaran lalu lintas mobil penumpang umum adalah dengan menggunakan ketentuan dari Penetapan Ketua Pengadilan Negeri Lumajang Nomor : W.10.D –Lmj – 29 – 448 – PI.01.02 – Tahun 2003 Tentang Tabel Pelanggaran dan Uang Titipan, sedangkan uang titipan dan berkas pelanggaran yang ada pada Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang tetap diserahkan ke Pengadilan Negeri Lumajang. Sebagai alternatif penyelesaian pelanggaran lalu lintas mobil penumpang umum dapat dilakukan dengan 3 (tiga) cara, yaitu : 1. Pembinaan,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 02 Jul 2012 06:04
Last Modified: 02 Jul 2012 06:04
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10638

Actions (login required)

View Item View Item