Analisis SWOT Untuk Perumusan Strategi Fungsional Perusahaan (Studi Kasus Pada Usaha Kecil Menengah Bagus Agriseta Mandiri Batu)

Yulianti, Rizki Fitriah (2006) Analisis SWOT Untuk Perumusan Strategi Fungsional Perusahaan (Studi Kasus Pada Usaha Kecil Menengah Bagus Agriseta Mandiri Batu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Analisis_SWOTUntuk_Perumusan_Strategi_Fungsional_Perusahaan.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada Usaha Kecil Menengah Bagus Agriseta Mandiri Batu dengan judul “Analisis SWOT untuk Perumusan Strategi Fungsional Perusahaan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal dengan menggunakan analisis SWOT, serta membantu perusahaan dalam merumuskan strategi fungsional Usaha Kecil Menengah Bagus Agriseta Mandiri Batu. Alat analisis yang digunakan penulis untuk mnganalisis lingkungan internal dan lingkungan dan merumuskan strategi perusahaan adalah Matriks Internal Factor Evaluation (IFE), Matriks External Factor Evaluation (EFE), Matriks Strenght Weakneses Oppourtunity Threat (SWOT), Matriks Internal Eksternal, dan Analisis Keuangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan analisis lingkungan internal yang menggunakan matriks IFE didapatkan skor 3,5, sedangkan berdasarkan analisis lingkungan eksternal yang yang menggunakan matriks EFE didapatkan skor 3.65. yang mana kedua skor tersebut diperoleh dari hasil kuisioner. Untuk memperoleh strategi perusahaan maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan setelah melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal adalah memasukan kedua skor dari matrik IFE dan EFE kedalam matriks IE. Maka strategi yang sesuai adalah Strategi Intensif, hal ini didasari besarnya peluang yang dimiliki dan kekuatan internal yang kondisinya diatas rata-rata. Strategi intensif ini diterjemahkan kedalam area fungsional Usaha Kecil Menengah Bagus Agriseta Mandiri Batu melalui pembentukan strategi fungsional serta kebijakan fungsional. Dari hasil analisis maka penulis merekomendasikan strategi Intensif yang berorientasi pada peningkatan penjualan. Penulis juga menerjemahkan strategi umum tersebut kedalam strategi fungsional dan kebijakan fungsional dengan tujuan peningkatan efisiensi dan efektifitas perusahaan. Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya Usaha Kecil Menengah Bagus Agriseta Mandiri Batu meningkatkan promosi, melakukan ekspansi penjualan, mengembangkan teknologi, mendaftarkan ke instansi yang berwenang dan meningkatkan efisiensi serta efektifitas dalam melakukan semua aktifitas perusahaan guna meningkatkan penjualan produk Usaha Kecil Menengah Bagus Agriseta Mandiri Batu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 02 Jul 2012 04:25
Last Modified: 02 Jul 2012 04:25
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10618

Actions (login required)

View Item View Item