ANALISIS FAKTOR ATRIBUT PRODUK YANG DI PERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE MEREK NOKIA(Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang)

Yuniarni, Anis (2006) ANALISIS FAKTOR ATRIBUT PRODUK YANG DI PERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE MEREK NOKIA(Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS FAKTOR ATRIBUT PRODUK YANG DI PERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE MEREK NOKIA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survey yang mengambil judul “ANALISIS FAKTOR ATRIBUT PRODUK YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE MEREK NOKIA (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor atribut produk yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian handphone merek nokia dan untuk menganalisis faktor atribut produk yang paling dominan dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian handphone merek nokia. Penelitian ini merupakan data yang bersifat kualitatif. Data kualitatif tersebut dirubah menjadi data kuantitatif dengan cara menyederhanakan angka-angka dengan menggunakan skala likert.Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas produk, fiture produk, dan desain produk. Berdasarkan perumusan masalah dan landasan teori yang telah dikemukakan penulis mengambil hipotesis atas permasalahan penelitian ini yaitu : (a). Diduga variabel-variabel yang terdiri dari kualitas produk, fiture produk, dan desain produk, dipertimbangkan secara signifikan dalam keputusan pembelian handphone merek nokia (b). Diduga variabel kualitas produk merupakan faktor yang sangat dominan yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian handphone merek nokia. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis faktor dengan langkah-langkah yaitu menyusun matrik korelasi, metode ekstrasi dalam analisis faktor, rotasi faktor, interprestasi faktor, dan menentukan ketepatan model analisis faktor atau model fit. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa variabel atribut produk yang terdiri dari kualitas produk, fiture produk, dan desain produk dipertimbangkan konsumen secara signifikan dalam keputusan pembelian handphone merek nokia karena memiliki nilai prosentase of variance di atas 1,00 Sehingga hipotesis pertama dinyatakan diterima. Sedangkan hipotesis ke dua, variabel yang sangat dominan dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian handphone merek nokia adalah variabel kualitas produk karena memiliki nilai prosentase of variance yang tertinggi yaitu sebesar 10.505, sehingga hipotesis yang ke dua juga dinyatakan diterima. Berdasarkan pada karakteristik responden yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang yang paling besar melakukan pembelian handphone merek nokia adalah mereka yang berumur antara 21-25 tahun dengan prosentase sebesar 62%, berjenis kelamin perempuan dengan prosentase sebesar 70%, dari jurusan manajemen dengan prosentase sebesar 45% dan mereka yang mendapatkan kiriman perbulan antara Rp 500.000,00 - Rp 750.001,00 dengan nilai prosentase sebesar 41%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 02 Jul 2012 04:06
Last Modified: 02 Jul 2012 04:06
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10610

Actions (login required)

View Item View Item