PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN TAMU PADA HOTEL PURNAMA TUBAN

Dewi, Reny Stiyana (2006) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN TAMU PADA HOTEL PURNAMA TUBAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
x.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survey yang mengambil judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu Pada Hotel Purnama Tuban”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan yang meliputi variabel : bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap kepuasan tamu Hotel Purnama Tuban. Selain itu bertujuan untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan tamu Hotel Purnama Tuban. Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua tamu yang menginap di Hotel Purnama Tuban. Sedangkan teknik pengambilan sampelnya menggunakan accidental sampling, metode ini merupakan prosedur sampling yang memilih sampel dari orang atau unit yang paling mudah dijumpai. Berdasarkan perumusan masalah dan landasan teori yang telah dikemukakan penulis mengambil hipotesis atas permasalahan penelitian ini yaitu : (a). Diduga variabel-variabel yang terdiri dari bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati berpengaruh terhadap kepuasan tamu pada Hotel Purnama Tuban, (b). Diduga variabel keandalan merupakan faktor dominan yang berpengaruh terhadap kepuasan tamu pada Hotel Purnama Tuban. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu yaitu dengan menggunakan regresi logistic, dimana sebelum data diolah dengan regresi logistic dianalisis dulu dengan uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat diketahui bahwa: variabel bukti fisik tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar 1,124 variabel keandalan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan sebesar 1,323. Variabel daya tanggap berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan sebesar 2,768.variabel jaminan berpengaruh tidak positif terhadap kepuasan pelanggan sebesar 1,712. Variabel empati berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan sebesar 4,505. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa tidak semua varibel berpengaruh terhadap kepuasan tamu, yaitu varibel bukti fisik dan variabel jaminan sehingga hipotesis yang pertama dinyatakan ditolak. Sedangkan hipotesis kedua variabel yang paling dominan adalah variabel empati sehingga hipotesis yang kedua juga dinyatakan ditolak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 02 Jul 2012 03:00
Last Modified: 02 Jul 2012 03:00
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10582

Actions (login required)

View Item View Item