ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN STAF TATA USAHA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Dewi, Indah Ratna (2006) ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN STAF TATA USAHA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
s.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan berjudul Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Staf Tata Usaha Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan staf tata usaha Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang. Jenis penelitian yang dilakukan bersifat survei, yaitu penelitian yang diadakan untuk memperoleh fakta-fakta tentang gejala-gejala atas permasalahan yang timbul. Data yang diambil merupakan data primer. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 15% dari jumlah mahasiswa pada tahun ajaran 2005/2006 sebanyak 691 mahasiswa, maka jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 104 mahasiswa. Teknik analisa yang dipergunakan adalah dengan rumus Indeks Kepuasan Pelanggan dengan formula sebagai berikut: IKP = Keterangan: PP = perceive performance (kinerja yang diterima); EX = expection (kepentingan (harapan)). Dan diagram kartesius yang dipergunakan untuk mengetahui kepentingan relative yang dirasakan oleh responden terhadap pelayanan yang diberikan oleh perusahaan melalui diagram kartesius dapat diketahui pada posisi keunggulan perusahaan dalam upaya memberikan pelayanan kepada pelanggan dan pada posisi dimana kekurangan perusahaan dalam upaya memberikan pelayanan kepada konsumen. Berdasarkan hasil analisis maka konsumen atau mahasiswa yang menuntut ilmu di Universitas Muhammadiyah Malang cukup puas terhadap pelayanan tata usaha Fakultas Ekonomi selama ini. Hal ini bisa dibuktikan dari kinerja analisis Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP) rata-rata nilai kinerja dari pelayanan yang diberikan oleh tata usaha Fakultas Ekonomi adalah 0,94823 yang terletak diantara 0.73-0.99, maka dapat dikatakan bahwa mahasiswa cukup puas. Sesuai dengan kinerja pada Diagram Kartesius bahwa variabel yang masuk pada kuadran A adalah yaitu variabel empati, variabel yang masuk dalam Kuadran B adalah yaitu variabel kehandalan, dan variabel variabel jaminan. Variabel yang masuk pada kuadran C adalah yaitu variabel bukti langsung, dan variabel yaitu variabel daya tanggap

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 02 Jul 2012 02:56
Last Modified: 02 Jul 2012 02:56
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10580

Actions (login required)

View Item View Item