METODE PEMBELAJARAN DISKUSI BUZZ-GROUP DAN SYNDICATEGROUP POKOK BAHASAN LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 LUMAJANG (Studi tentang Aktivitas Siswa dan Ketuntasan Belajar)

Damayanti, Ika (2006) METODE PEMBELAJARAN DISKUSI BUZZ-GROUP DAN SYNDICATEGROUP POKOK BAHASAN LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 LUMAJANG (Studi tentang Aktivitas Siswa dan Ketuntasan Belajar). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
METODE_PEMBELAJARAN_DISKUSI_BUZZ.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Soedjadi menyatakan bahwa betapapun tepat dan baiknya bahan ajar matematika yang ditetapkan belum menjamin akan tercapainya tujuan pendidikan dan salah satu faktor penting untuk mencapai tujuan itu adalah proses belajar mengajar yang meningkatkan keterlibatan siswa secara optimal yang diharapkan dapat memudahkan siswa dalam belajar serta meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor dari dalam (kemampuan siswa) dan faktor dari luar (lingkungan). Lingkungan belajar yang mempengaruhi hasil belajar siswa di sekolah adalah kualitas pengajaran yang dila-kukan oleh guru, dengan kompetensi profesional yang dimilikinya yaitu kemam--puan akan penguasaan bahan, metode pengajaran yang digunakan, ketrampilan mengajar dsb. Sudjana berpendapat bahwa keberhasilan pembelajaran sangat ter-gantung pada perilaku metode mengajar yang sesuai dengan tujuan pembelaja-ran.Ada beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran matematika antara lain metode ceramah, tanya jawab, diskusi, inqu-iri dll. Guru tidak dapat menggunakan seluruh metode / hanya satu metode mela-inkan guru dituntut untuk menggunakan metode yang kombinasi. Salah satu meto-de yang dapat dikombinasikan dengan metode pembelajaran lain adalah metode diskusi. Dimana metode diskusi ini banyak macamnya diantaranya adalah metode diskusi Buzz-Group dan Metode diskusi Syndicate-group. Maka dalam penelitian ini akan dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi Buzz-Group dan metode diskusi Syndicate-Group. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dengan meng-gunakan metode diskusi Buzz-Group dan metode diskusi Syndicate-Group pada saat pembelajaran dan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah proses pembe-lajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan data yang akan di-kumpulkan bersifat deskriptif. Data yang akan diambil dalam penelitian ini adalah data tentang aktivitas siswa dan data hasil belajar siswa. Sedangkan yang menjadi obyek dari penelitian ini adalah siswa kelas 2 SMP N 5 LUMAJANG. Untuk tekhnik pengumpulan data peneliti menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Dari penelitian ini diperoleh hasil aktivitas siswa selama proses pembelaja-ran dapat dikategorikan kurang baik (D) baik itu kelas yang menggunakan metode diskusi buzz-group maupun kelas yang menggunakan metode diskusi syndicate-group dengan prosentase nilai berturut-turut sebesar 54,71% dan 52,61%. Hasil belajar siswa sudah mencapai ketuntasan klasikal untuk kelas yang menggunakan metode diskusi buzz-group nilai yang dicapai sebesar 74,29% dan kelas yang menggunakan metode diskusi syndicate group nilai yang dicapai sebesar 77,77%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 02 Jul 2012 02:25
Last Modified: 02 Jul 2012 02:25
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10566

Actions (login required)

View Item View Item