ANALISIS PERTUMBUHAN EKONOMI, SEKTOR UNGGULAN DAN KESENJANGAN ANTAR KABUPATEN DI PULAU LOMBOK NUSA TENGGARA BARAT (Studi Pada Tiga Kabupaten di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat)

ZAKARIYAH, ZAKARIYAH (2006) ANALISIS PERTUMBUHAN EKONOMI, SEKTOR UNGGULAN DAN KESENJANGAN ANTAR KABUPATEN DI PULAU LOMBOK NUSA TENGGARA BARAT (Studi Pada Tiga Kabupaten di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_PERTUMBUHAN_EKONOMI%2C_SEKTOR_UNGGULAN_DANKESENJANGAN_ANTAR_KABUPATEN_DI_PULAU_LOMBOKNUSA_TENGGARA_BARAT%28Studi_Pada_Tiga_Kabupaten_di_Pulau_Lombok_Nusa_Tenggara_Barat%29.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian yang lakukan ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk menekankan analisisnya pada data-data numerik (berupa angka) yang diolah dengan metode statistik tertentu. Dimana peneliti melakukan observasi dalam pengumpulan data yang dilakukan di di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat dengan mengambil tiga kabupaten di wilayah tersebut dengan judul Analisis Pertumbuhan Ekonomi, Sektor Unggulan Dan Kesenjangan Antar Kabupaten Di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat (Studi Pada Tiga Kabupaten Di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat) . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi antar Kabupaten di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat. Untuk mengetahui keunggulan apa saja yang dapat dikembangkan antar Kabupaten di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat dan untuk mengetahui tingkat kesenjangan pertumbuhan ekonomi antar Kabupaten di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat. Adapun kegunaan penelitian yang ingin dicapai khususnya bagi Pemerintah Daerah yaitu diharapkan dapat memberikan gambaran atau informasi tentang perekonomian Kabupaten yang ada di Nusa Tenggara Barat, yang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh Pemerintah Daerah. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis pertumbuhan ekonomi, Location Quentiens (LQ) dan Analisis Indeks Williamson. Berdasarkan hasil analisis pertumbuhan ekonomi dapat diketahui bahwa pertumbuhan ekonomi tertinggi terjadi di Kabupaten Lombok Barat. Hasil analisis sektor unggulan dapat diuraikan yaitu pada Kabupaten Lombok Barat sektor yang merupakan unggulan yaitu meliputi listrik, gas dan air bersih, bangunan, perdagangan, hotel dan restauran, pengangkutan dan komunikasi dan keuangan, persewaan & jasa. Pada Kabupaten Lombok Tengah yaitu meliputi sektor pertanian, industri pengolahan, bangunan dan jasa- jasa, sedangkan pada Kabupaten Lombok Timur yang merupakan sektor unggulan yaitu meliputi sektor pertanian, pertambangan dan penggalian, industri pengolahan dan jasa- jasa. Secara umum hasil analisis dapat diuraikan bahwa pada tahun 2000 terjadi penurunan tingkat ketimpangan yang terjadi sebesar 0,09416 jika dibandingkan tahun 1999 dan mengalami peningkatan menjadi 0,40903 pada tahun 2003. Tingkat ketimpangan terkecil terjadi pada tahun 2002 yaitu sebesar 0,21215. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diajukan beberapa saran sebagai berikut: diharapkan pemerintah daerah untuk lebih berusaha mengembangkan segala bentuk potensi daerah yang dimiliki secara maksimal sehingga menjadi sumber pendapatan daerah yaitu dengan peningkatan fasilitas mengenai sarana dan prasarana dalam rangka penggalian potensi daerah tersebut.Diharapkan pemerintah daerah untuk melakukan pengawasan secara insentif atas sektor-sektor sumber penerimaan daerah, sehingga menekan tingkat kebocoran atas penerimaan daerah sektor-sektor tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Economics and Development Studies
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 30 Jun 2012 05:51
Last Modified: 30 Jun 2012 05:51
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10523

Actions (login required)

View Item View Item