PERENCANAAN PENGENDALIAN KUALITAS STATISTIK PADA INDUSTRI PENGOLAHAN KAYU “CV KENCANA MAS” DENGAN METODE MIL-STD-414 DAN MIL-STD-105D

DWI SAPUTRO, WAHYUHONO (2006) PERENCANAAN PENGENDALIAN KUALITAS STATISTIK PADA INDUSTRI PENGOLAHAN KAYU “CV KENCANA MAS” DENGAN METODE MIL-STD-414 DAN MIL-STD-105D. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERENCANAAN_PENGENDALIAN_KUALITAS_STATISTIK_PADAINDUSTRI_PENGOLAHAN_KAYU.pdf

Download (75kB) | Preview

Abstract

Cv Kencana Mas merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur khususnya pengolahan kayu. Keadaan yang serba maju dan bersaing menuntut perusahaan untuk dapat memenuhi standar kualitas sesuai dengan permintaan konsumen dengan menghasilkan produk yang berkualitas baik. Maka dari itu diperlukan pengendalian kualitas yang baik untuk menekan jumlah produk cacat, mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk. Yang selanjutnya berguna dalam meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang dihasilkan. Metode pengendalian kualitas yang digunakan adalah dengan diagram pareto untuk mengetahui faktor penyebab produk cacat terbesar yang perlu mendapat penanganan dengan segera agar proses dapat segera terkendali, diagram sebab akibat untuk mengetahui faktor-faktor penyebab produk cacat yang perlu dikendalikan, peta kontrol np, dan R untuk mengetahui rata-rata proses dan pola penyebarannya, indeks kemampuan proses untuk mengetahui secara cepat berapa penyebaran (spread) total dari produk yang dibuat, dan merancang sampling penerimaan berdasarkan MIL-STD-414 dan MIL-STD-105D untuk mengetahui kualitas bahan baku. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penyebab terbesar produk cacat adalah cacat tipis dan permukanan yang kasar pada kayu dengan menggunakan peta kontrol np, dan R dapat disimpulkan bahwa proses dalam keadaan terkendali sedangkan dengan merancang sampling penerimaan MIL STD 414 dan MIL STD 105D pada bahan baku, perusahaan dapat mengendalikan kualitas produk mulai dari bahan baku sampai pada produk jadi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 30 Jun 2012 05:32
Last Modified: 30 Jun 2012 05:32
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10512

Actions (login required)

View Item View Item