PENENTUAN FAKTOR-FAKTOR YANG DOMINAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN KERJA DALAM UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Karyawan PT. Hanil Jaya Metal Works, Sidoarjo)

DWI ARIANI, NOVITA (2006) PENENTUAN FAKTOR-FAKTOR YANG DOMINAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN KERJA DALAM UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Karyawan PT. Hanil Jaya Metal Works, Sidoarjo). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENENTUAN_FAKTOR.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Tantangan di bidang peningkatan hasil produktifitas industri merupakan masalah industri secara teknis oleh kerena itu perlu mendapatkan perhatian secara khusus untuk membantu meningkatkan kinerjanya. Tingkat produktifitas perusahaan sehari-hari tercermin dari kepuasan kerja yang dirasakan anggotanya dalam melaksanakan kegiatan perusahaan, manusia sebagai anggota organisasi akan menjadi penelitian dalam penelitian ini. Oleh karena itu diperlukan suatu penelitian tentang faktor–faktor yang dominan pengaruhya terhadap kepuasan kerja karyawan guna peningkatan produktifitas kerja karyawan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menentukan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan di PT. Hanil Jaya Metal Works 2) Menentukan faktor kebutuhan yang dominan mempengaruhi kepuasan kerja karyawan di PT. Hanil Jaya Metal Works. Pengambilan data selain diperoleh dan hasil wawancara di perusahaan PT. Hanil Jaya Metal Works Sidoarjo, juga diperoleh dari hasil kuesioner yang disebarkan kepada karyawan bagian produksi (Rolling Mill) di PT. Hanil Jaya Metal Works Sidoarjo. Komponen pada kuesioner tersebut terdiri dari empat faktor, yaitu sosial, psikologi, fisik dan finansial. Untuk menentukan skor pada masing-masing jawaban, digunakan skala Likert. Dilakukan uji instrumen pada kuesioner. Hasil kuesioner yang didapat kemudian dianalisa dengan metode analisa faktor konfirmatori dengan menggunakan Lisrel for Windows. Dalam lisrel juga dapat dilakukan 3 kegiatan secara serempak yaitu pemeriksaan validitas dan reliabilitas instrumen (setara dengan analisa faktor konfirmatori), pengujian model hubungan antara variabel laten (setara dengan analisis path) dan mendapatkan model yang bermanfaat untuk paraktikum (model struktural dan analisis regresi). Hasil dari analisa data faktor-faktor yang dominan pengaruhnya dalam upaya peningkatan produktivitas kerja adalah faktor sosial, psikologi, fisik dan finansial. Sedangkan variabel yang paling dominan pada faktor sosial S2 (0,50), faktor psikologi P4 (0,52), faktor fisik F1 (0,46) dan faktor finansial N1 (0,67).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 30 Jun 2012 05:12
Last Modified: 30 Jun 2012 05:12
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10494

Actions (login required)

View Item View Item