PENGARUH DOSIS PUPUK NPK DAN KONSENTRASI LARUTAN GIBBERELLIC ACID (GA3) TERHADAP PERTUMBUHAN SEMAI AKASIA (Acacia mangium Willd)

ZULKARNAIN, DEDY (2006) PENGARUH DOSIS PUPUK NPK DAN KONSENTRASI LARUTAN GIBBERELLIC ACID (GA3) TERHADAP PERTUMBUHAN SEMAI AKASIA (Acacia mangium Willd). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_DOSIS_PUPUK_NPK_DAN_KONSENTRASI_LARUTANGIBBERELLIC_ACID.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk NPK dan konsentrasi larutan gibberellin (GA3) terhadap pertumbuhan semai A. mangium Willd. Peralatan yang digunakan dalam penelitian adalah cangkul, penggaris, timbangan, kalkulator, gelas ukur, ayakan, kamera serta alat tulis. Sedangkan bahan yang digunakan adalah tanah (top soil), pasir, kompos, pupuk NPK dan gibberellin (GA3) dan benih A. mangium. Penelitian ini dilakukan di lahan green house Universitas Muhammadiyah Malang dengan ketinggian 560 m dpl. Pelaksanaan penelitian dimulai pada bulan September-November 2005. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak kelompok (RAK) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor yang pertama adalah dosis pupuk NPK (D) yang terdiri dari 3 level yaitu : DI (0,05 gr), D2 (0,1gr) dan D3 (0,15 gr). Faktor kedua adalah konsentrasi larutan GA3 (G) yang terdiri dari 4 level yaitu : G0 (0 ppm), G1 (50 ppm), G2 (100 ppm), G3 (150 ppm). Dari kedua faktor tersebut didapatkan 12 kombinasi perlakuan, masing-masing diulang 3 kali sehingga diperoleh 36 unit percobaan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pada berbagai perlakuan antara perlakuan dosis pupuk dan konsentrasi larutan gibberellin (GA3) tidak terjadi interaksi pada semua pengamatan, namun pada pengamatan diameter pada umur 42 hst terjadi interaksi antara perlakuan dosis pupuk dan konsentrasi larutan gibberellin (GA3). Disarankan dalam melakukan penelitian menggunakan dosis pupuk dan konsentrasi larutan yamg berbeda. Pada perlakuan dosis pupuk yang baik untuk pertumbuhan semai A.mangium adalah 0.1 gr/polibag.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Forestry
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 30 Jun 2012 04:40
Last Modified: 30 Jun 2012 04:40
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10460

Actions (login required)

View Item View Item