PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL K.U.A.S.A.I PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN SISWA KELAS VII-B SEMESTER II DI SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG

DEVI ROSITA, IKA (2006) PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL K.U.A.S.A.I PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN SISWA KELAS VII-B SEMESTER II DI SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN_DENGAN_MENGGUNAKAN_MODEL_K.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah pada umumnya berpusat pada guru. Sejauh ini matematika selalu dipandang sebagai mata pelajaran yang sulit dipahami, pembelajaran di sekolah cenderung teoritis dan hanya berfokus pada buku pegangan saja. Peran siswa dalam setiap pelajaran hanya sebabai pendengar yang pasif. Melalui pembelajaran dengan model K.U.A.S.A.I siswa diharapkan dapat menyelesaikan suatu permasalahan dengan metode sesuai dengan daya nalar mereka yang tidak hanya terpancang apa yang disampaikan guru. Pembelajaran dengan menggunakan model K.U.A.S.A.I ini, guru dituntut untuk memotivasi, menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa dengan menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan, sehingga siswa mendapatkan informasi sebelum pelajaran berlangsung dan siswa memiliki gambaran tentang apa yang akan diajarkan di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran matematika pada pokok bahasan himpunan, mengetahui keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan mengetahui sampai dimana ketuntasan belajar siswa pada pokok bahasan himpunan dengan menggunakan model K.U.A.S.A.I. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diambil dalam penelitihan ini adalah hasil observasi dan hasil pekerjaan siswa (pekerjaan siswa dalam latian yang diberikan sat pembelajaran berlangsung dan hasil dari tes akhir). Sedangkan sumber data dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-B SMP Muhammadiayah 06 Dau Malang. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 09 Februari sampai dengan 25 Februari 2006. Dari penelitian in didapat data aktivitas siswa dan aktifitas kelompok, data aktifitas guru dikategorikan baik, karena sesuai denga kreteria aktifitas siswa dan guru, aktifitas siswa terlihat meningkat pada pertemuan II. Sedangkan hasil belajar siswa sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Pembelajaran dengan menggunakan model K.U.A.S.A.I dapat memotivasi siswa dan membuat siswa merasa percaya diri, sehingga siswa diharapkan dalam proses pembelajaran merasa santai. Beberapa saran yang disampaikan berdasarkan temuan yang telah diperoleh dalam pemenilitian ini (1) perlu mengalokasikan waktu dengan baik, karena pembelajaran yang menggunakan model K.U.A.S.A.I apabila tidak dibatasi waktunya akan lama, (2) dalam menyusun soal model K.U.A.S.A.I perlu diberikan sedikit soal dalam kehidupan sehari-hari, (3) memberikan bantuan jika siswa membutuhkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 30 Jun 2012 04:16
Last Modified: 30 Jun 2012 04:16
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10425

Actions (login required)

View Item View Item