PENGARUH KONSENTRASI ASAM KHLORIDA ( HCl ) DAN DIAMETER TEGAKAN TERHADAP HASIL GETAH DAMAR (Agathis loranthifolia Salisb) RPH KEDUNGREJO BKPH PUJON KPH MALANG

DARU SUDARSONO, SOFYAN (2006) PENGARUH KONSENTRASI ASAM KHLORIDA ( HCl ) DAN DIAMETER TEGAKAN TERHADAP HASIL GETAH DAMAR (Agathis loranthifolia Salisb) RPH KEDUNGREJO BKPH PUJON KPH MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_KONSENTRASI_ASAM_KHLORIDA.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi larutan asam khlorida (HCl) dan diameter tegakan terhadap produksi getah damar. Hipotesis dari penelitian ini adalah diduga dengan konsentrasi asam khlorida (HCl) dengan diameter akan mempengaruhi hasil getah sekaligus berpengaruh pada kualitas dan kuantitas getah damar (Agathis loranthifolia Salisb). Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) yang terdiri dari dua faktor, dimana faktor I adalah diameter batang ( D ) yang terdiri dari 3 level, yaitu: D1 : 20 - 25 cm, D2 : 25 - 30 cm dan D3 : 30 - 35 cm. Faktor II adalah konsentrasi asam khlorida ( K ) yang terdiri dari 5 level, yaitu: K0 : tanpa asam khlorida (sebagai kontrol), K1 : asam khlorida 5%, K2 : asam khlorida 10%, K3 : asam khlorida 15% dan K4 : asam khlorida 20%. Masing-masing perlakuan dengan kontrol diulang sebanyak 3 ulangan, sehingga diperoleh 45 unit percobaan. Peubah yang diamati dalam penelitian ini adalah jumlah produksi getah gram/pohon/6 hari dan kualitas getah yang dihasilkan. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan sidik ragam untuk mengetahui pengaruh masing-masing kelompok dan perlakuan, untuk mengetahui perbedaan hasil rata-rata kombinasi perlakuan menggunakan uji Duncan dengan tingkat ketelitian 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diameter pohon 30 - 35 cm dan pemberian konsentrasi larutan asam khlorida 20% mampu menghasilkan interaksi getah damar yaitu 13,744 gram/tegakan/6 hari dengan warna getah yaitu kuning bening. Pemberian konsentrasi larutan asam khlorida 20% dan diameter pohon 30 - 35 cm berpengaruh sangat nyata nyata terhadap produkasi dan kualits getah damar (A. loranthifolia Salisb). Berdasarkan hasil penelitian di atas perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai penggunaan bahan kimia lain yang tidak memberikan pengaruh terhadap perubahan warna pada kayu dan pemberian cairan stimulan asam khlorida (HCl) 20% dan perlu adanya penerapan lebih lanjut guna menghasilkan getah dan kualitas yang optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Forestry
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 30 Jun 2012 04:06
Last Modified: 30 Jun 2012 04:06
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10412

Actions (login required)

View Item View Item