KAJIAN KRITIS IMPLEMENTASI TUJUAN RENCANA PEMBANGUNAN JALAN LINGKAR DI KABUPATEN BOJONEGORO DITINJAU DARI RENCANA UMUM TATA RUANG KOTA (Studi di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bojonegoro)

DANI SAPUTRA, GALIH (2006) KAJIAN KRITIS IMPLEMENTASI TUJUAN RENCANA PEMBANGUNAN JALAN LINGKAR DI KABUPATEN BOJONEGORO DITINJAU DARI RENCANA UMUM TATA RUANG KOTA (Studi di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bojonegoro). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
KAJIAN_KRITIS_IMPLEMENTASI_TUJUAN_RENCANA_PEMBANGUNAN.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Obyek studi dalam penelitian ini adalah mengenai implementasi tujuan rencana pembangunan jalan lingkar di Kabupaten Bojonegoro ditinjau dari Rencana Umum Tata Ruang Kota. Di mana tujuan rencana pembangunan lingkar di kabupaten Bojonegoro tersebut sangat penting, agar tidak terjadi kesemrawutan atau percampuran lalu lintas lokal atau kota terutama antara kendaraan berat dan ringan yang berakibat mengganggu kegiatan di pusat kota. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana rencana pembangunan dan pengembangan sarana sistem transportasi di Kabupaten Bojonegoro ditinjau menurut Tata Ruang Kota, dan untuk mengetahui bagaimana tujuan dan fungsi pembangunan jalan lingkar di Kabupaten Bojonegoro dilihat dari kebijakan Rencana Umum Tata Ruang Kota. Selain itu yang penting adalah bagaimana implementasi dari pembangunan jalan lingkar tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah diskriptif kualitatif. Sehingga data yang diperoleh adalah data yang menggambarkan bagaimana pembangunan dan pengembangan sistem sarana transportasi di Kabupaten Bojonegoro dan bagaimana tujuan dan fungsi pembangunan jalan lingkar di Kabupaten Bojonegoro. Melalui penelitian ini, penulis mendapatkan hasil bahwa pembangunan dan pengembangan sarana sistem transportasi di Bojonegoro dilakukan melalui pengembangan terminal baik lokal maupun regional, pengembangan tempat-tempat pemberhentian sementara (halte) dan lain sebagainya. Pengembangan terminal ini mencakup lokasi terminal yang mempunyai skala pelayanan regional pada umumnya diarahkan di bagian pinggiran wilayah fungsional kota Bojonegoro. Sedangkan tempat pemberhentian sementara diarahkan pada kawasan-kawasan yang mempunyai tingkat aktivitas tinggi. Tujuan dan fungsi pembangunan jalan lingkar yaitu untuk membagi lalu lintas regional di dalam kota, sehingga tidak terlalu banyak percampuran lalu lintas kota atau lokal terutama antara kendaraan berat dan ringan yang berakibat mengganggu kegiatan di pusat kota. Secara demikian, maka dapat disimpulkan bahwa tujuan rencana pembangunan jalan lingkar di Kabupaten Bojonegoro untuk membagi lalu lintas regional di dalam kota sehingga tidak terlalu banyak percampuran lalu lintas lokal atau kota terutama antara kendaraan berat dan ringan yang berakibat mengganggu kegiatan di pusat kota serta untuk menghubungkan bagian wilayah kota satu dengan bagian wilayah kota yang lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 30 Jun 2012 03:54
Last Modified: 30 Jun 2012 03:54
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10401

Actions (login required)

View Item View Item