PERSEPSI NASABAH TABUNGAN TERHADAP PELAYANAN CUSTOMER SERVICE OFFICER (CSO) PADA BANK JATIM CABANG MALANG

DAMAYANTI, MILA (2006) PERSEPSI NASABAH TABUNGAN TERHADAP PELAYANAN CUSTOMER SERVICE OFFICER (CSO) PADA BANK JATIM CABANG MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERSEPSI_NASABAH_TABUNGAN_TERHADAP_PELAYANANCUSTOMER_SERVICE_OFFICER_%28CSO%29_PADABANK_JATIM_CABANG_MALANG.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif pada Bank Jatim Cabang Malang dengan judul Persepsi Nasabah Tabungan Terhadap Pelayanan Customer Service Officer (CSO) Pada Bank Jatim Cabang Malang Dalam dunia perbankan yang penuh persaingan di segala bidang, maka bank perlu menyiapkan karyawan yang mampu menangani keinginan dan kebutuhan nasabahnya, karyawan yang diharapkan dapat melayani keinginan dan kebutuhan nasabah ini disebut Customer Service Officer (CSO). Bagi industri perbankan yang bergerak dibidang jasa, perlakuan pelanggan dengan baik memberikan loyalitas untuk membeli produk bank. Sikap baik karyawan dalam memandu pelayanan kepada nasabah diharapkan nasdabah tersebut akan terus membina hubungan baik dengan bank dan menggunakan produk-produk yang dikeluarkan oleh bank. Pelayanan yang unggul/baik dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti ketrampilan, kegairahan/antusias, keramaham, kenyamanan, dan kecepatan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengatahui persepsi nasabah tabungan terhadap pelayanan Customer Service Officer (CSO) pada Bank Jatim Cabang Malang. Adapun kegunaan penelitian ini anatara lain a.Dapat digunakan sebagai bahan informasi di bidang pelayanan terutama yang berkaitan dengan produk tabungan dan sistem perlayanan. b.Dapat memberi keyakinan pada pihak nasabah bahwa perusahaan atau bank dapat memberi pelayanan yang sebaik-baiknya. c.Bagi penulis dapat digunakan sebagai kajian pustaka. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuisioner dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis uji validitas, uji reabilitas dan regresi linier berganda. Dari hasil analisis tersebut diketahui bahwa persepsi nasabah tabungan terhadap pelayanan Customer Service Officer (CSO) lebih banyak dipengaruhi oleh faktor ketrampilan, kegairahan/antusias, keramahan, kenyamanan dan kecepatan. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor bank yang tidak termasuk dalam penelitian ini seperti faktor lokasi bank tang tidak berdekatan dengan nasabah, faktor suku bunga dan lain-lain. Berdasarkan hal tersebut diatas sebaiknya Bank Jatim Cabang Malang untuk terus mempertahankan dan selanjutnya meningkatkan mutu pelayanan yang sudah diterapkan sehingga mampu meningkatkan jumlah nasabah tabungan dimana sekarang maupun masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Economics and Development Studies
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 30 Jun 2012 03:46
Last Modified: 30 Jun 2012 03:46
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10391

Actions (login required)

View Item View Item