PERAN BALAI LATIHAN KERJA LUAR NEGERI (BLK-LN) TERHADAP PENYALURAN TENAGA KERJA (Pada BLK-LN PT.Andromeda Graha Lawang Kabupaten Malang)

DAHLIA, DAHLIA (2006) PERAN BALAI LATIHAN KERJA LUAR NEGERI (BLK-LN) TERHADAP PENYALURAN TENAGA KERJA (Pada BLK-LN PT.Andromeda Graha Lawang Kabupaten Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERAN_BALAI_LATIHAN_KERJA_LUAR_NEGERI_%28BLK-LN%29TERHADAP_PENYALURAN_TENAGA_KERJA%28Pada_BLK-LN_PT._Andromeda_Graha_Lawang_Kabupaten_Malang%29.pdf

Download (4kB) | Preview

Abstract

Judul dalam penelitian ini adalah Peran Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLK-LN) Terhadap Penyaluran Tenaga Kerja PT. Andromeda Graha Lawang-Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Peran BLK-LN Terhadap Penyaluran Tenaga Kerja dalam hal Prosedur dan Proses Pelatihan dan Pendidikan di BLK-LN, Teknik Penempatan Tenaga Kerja Keluar Negeri, kondisi yang dihadapi oleh calon tenaga serta Permasalahan yang dihadapi BLK-LN Dan Tenaga Kerja. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa para calon Tenaga Kerja yang mendaftarkan diri pada BLK-LN PT. Andromeda Graha Lawang-Malang harus memenuhi persyaratan yang telah disesuaikan oleh pihak perusahaan. Untuk Pelatihan dan Pendidikan yang dilakukan oleh BLK-LN adalah pendidikan Bahasa Arab, dan Pelatihan Penata Laksana Rumah Tangga. Untuk teknik penempatan hanya memfokuskan pada pengiriman Tenaga Kerja pada Negara Timur Tengah yaitu Arab Saudi, Abu Dabi, dan Kuwait. Sedangkan permasalahan yang dihadapi oleh BLK-LN dan Tenaga Kerja adalah dari segi, tingkat pendidikan, budaya, dan bahasa. Selain itu telatnya penerimaan gaji, tindakan kekerasan / pemerkosaan serta hukuman penjara. Pemecahan yang dilakukan oleh BLK-LN terhadap permasalahan tersebut yaitu dengan memberikan review ulang materi yang disampaikan, pemberian arahan dan bimbingan, serta melatih para tenaga kerja setiap harinya dibiasakan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Serta mengurus segala permasalahan yang terjadi selama di Negara tujuan sampai dengan selasai. Berdasarkan hasil diatas diharapkan pihak BLK-LN lebih memperhatikan dari segi pendidikan dan menambah instruktur dalam pelatihan dan pendidikan agar terciptanya sumberdaya manusia yang berkualitas. Serta lebih meningkatkan segi keamanan bagi para calon tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Economics and Development Studies
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 30 Jun 2012 03:38
Last Modified: 30 Jun 2012 03:38
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10376

Actions (login required)

View Item View Item