UJI EFEKTIFITAS SEDUHAN DAUN KERINGJATI BELANDA (Guazuma ulmifolia lamk) TERHADAP PENURUNAN BERAT BADAN PADA TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus)

Phuspita Rini, Riva (2007) UJI EFEKTIFITAS SEDUHAN DAUN KERINGJATI BELANDA (Guazuma ulmifolia lamk) TERHADAP PENURUNAN BERAT BADAN PADA TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
UJI_EFEKTIFITAS_SEDUHAN_DAUN_KERINGJATI_BELANDA.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Overweight atau kelebihan berat badan adalah berat badan seseorang melebihi berat badan normal. Sementara itu, kegemukan atau obesitas adalah suatu keadaan saat terjadi penumpukan lemak tubuh yang berlebihan, sehingga berat badan seseorang jauh diatas normal dan dapat membahayakan kesehatan. Obesitas terjadi karena ketidakseimbangan antara energi yang masuk dengan energi yang keluar. Obesitas bisa menjadi faktor resiko terserang jantung koroner, diabetes mellitus, dan hipertensi. Jati Belanda (Guazuma ulmifolia lamk) adalah salah satu tanaman obat yang dipercaya dapat menurunkan berat badan. Bagian yang bermanfaat adalah daunnya. Dengan kandungan lendir, tannin dan alkaloidnya maka ketiga zat ini walaupun memiliki mekanisme kerja yang berbeda namun saling menunjang dalam menurunkan kadar lemak dan kolesterol darah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian berbagai dosis seduhan daun kering Jati Belanda (Guazuma ulmifolia lamk) terhadap penurunan berat badan pada Tikus Putih (Rattus norvegicus). Dan untuk mengetahui dosis berapakah seduhan daun kering Jati Belanda (Guazuma ulmifolia lamk) berpengaruh dalam menurunkan berat badan tikus putih. Jenis penelitian ini adalah eksperimen sungguhkan. Populasi yang digunakan tikus putih betina (Rattus Norvegicus). Yang berumur 2 bulan, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 25 ekor terbagi atas 5 perlakuan yang masing-masing terdiri atas 5 ulangan. Rancangan percobaan menggunakan RAL. Analisis data dengan menggunakan anava satu arah yang dilanjutkan dengan uji BNT 5%. Berdasarkan uji anava satu arah menunjukkan ada pengaruh. Dan dari hasil uji BNT 5% dosis yang efektif adalah dosis 0.0056 gr/200grBBtikus yang dapat menurunkan berat badan Tikus Putih (Rattus norvegicus) yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata yang berbeda nyata dari nilai rata-rata kontrol.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 29 Jun 2012 07:29
Last Modified: 29 Jun 2012 07:29
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10294

Actions (login required)

View Item View Item