Frekuensi Pemberitaan Tentang UMM Oleh Surat Kabar di Malang Sebagai Wujud Aktivitas Humas UMM Dalam Menjalin Hubungan Dengan Pers ( Periode 1 Januari ­ 30 Maret 2007 )

Prakarsa, Gamal (2007) Frekuensi Pemberitaan Tentang UMM Oleh Surat Kabar di Malang Sebagai Wujud Aktivitas Humas UMM Dalam Menjalin Hubungan Dengan Pers ( Periode 1 Januari ­ 30 Maret 2007 ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Frekuensi_Pemberitaan_Tentang_UMM_Oleh_Surat_Kabar_di_Malang_Sebagai_Wujud_Aktivitas_Humas_UMM_Dalam_Menjalin_Hubungan_Dengan_Pers1.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Citra positif yang tampil tentunya bukan sekedar citra yang sifatnya semu, tetapi benar–benar merupakan suatu citra yang harus dimiliki suatu institusi pendidikan tinggi sesuai dengan potensi dan berbagai sumber daya yang dimilikinya. Kemampuan untuk menampilkan citra positif bahwa perguruan tinggi memang merupakan suatu institusi yang layak dipercaya akan menjadi salah satu faktor pendukung utama keberhasilan suatu institusi pendidikan tinggi untuk mampu mempertahankan keberadaannya serta mengembangkan berbagai programnya. Guna terciptanya citra positif bagi lembaga, dalam hal ini UMM. Maka dari itu, humas UMM dituntut proaktif dalam menjaga hubungan dengan insan pers atau media. Humas perguruan tinggi, selaku sumber informasi perguruan tinggi harus dapat menjalin hubungan dan kerjasama secara proporsional dan profesional, tanpa saling intervensi dengan pers sebagai media penyampaian informasi sesuai dengan transparansi informasi. Meski keduanya berdiri pada sisi yang berbeda, dimana pelaku media mencari dan menulis berita yang mengandung nilai positif dan negatif dari perguruan tinggi, sedangkan fungsi Humas perguruan tinggi salah satunya adalah mengharapkan citra yang baik yang sifatnya promosi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :“Berapa sering frekuensi pemberitaan tentang UMM oleh surat kabar di Malang pada periode 1 Januari – 30 Maret 2007 sebagai wujud adanya aktivitas Humas UMM dalam menjalin hubungan dengan pers?”. Sedangkan tujuannya adalah Untuk mengetahui berapa sering frekuensi pemberitaan tentang UMM oleh surat kabar di Malang periode 1Januari­30 Maret 2007 sebagai wujud adanya aktivitas Humas UMM dalam menjalin hubungan dengan pers. Tipe yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yakni penelitian yang dimaksudkan untuk eksplorasi dan klarifikasi mengenai suatu fenomena atau kenyataan sosial, dengan jalan mendeskripsikan sejumlah variabel yang berkenaan dengan masalah yang diteliti. Data di kumpulkan dari hasil kliping yang ada di bagian Humas UMM. Data yang ada akan dikelompokkan berdasarkan : (a) Waktu terbit, nama Koran, isi berita atau judul berita (b) Berdasarkan hasil kategori pada point di atas, kemudian diidentifikasi frekuensi kemunculan berita pada tiap media dalam periode yang telah di tetapkan, untuk dimasukkan ke dalam tabel distribusi frekuensi. (c) Berdasarkan hasil distribusi frekuensi tersebut, akan dianalisis untuk mengukur tingkat hubungan Humas UMM dengan pers yaitu dengan melihat tinggi rendahnya frekuensi kemunculan berita tentang UMM baik pada masing­masing media maupun secara keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan sesuai dengan rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini, yakni frekuensi pemberitaan tentang UMM oleh surat kabar di Malangpada periode 1 Januari – 30 Maret 2007 sebagai wujud adanya aktivitas Humas UMM dalam menjalin hubungan dengan pers adalah sebagai berikut: (1) Radar Malang sebanyak 51 (2) Surya sebanyak 27 (3) Malang Post sebanyak 43 (4) Koran Pendidikan sebanyak 7. Berdaarkan waktu terbitnya, sesuai hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Pada bulan Januari sebanyak 40 (2) Bulan Februari sebanyak 57 dan (3) Pada bulan Maret sebanyak 31. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan tersebut dapat dilihat dari nilai rata­rata penerbitan berita tersebut berdasarkan pada bulannya, yakni: (1) Pada bulan Januari sebanyak 31,25% (2) Pada bulan Februari sebanyak 44,53% dan (3) Bulan Maret sebanyak 24,21%. Dari sini dapat disimpulkan bahwa tingkat keberhasilannya adalah pada bulan Februari karena pada bulan Februari adalah nilainya di atas nilai rata­rata, yakni sebesar 44,53%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 29 Jun 2012 06:48
Last Modified: 29 Jun 2012 06:48
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10285

Actions (login required)

View Item View Item